Selasa 31 Mar 2020 10:53 WIB

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Racikan Minuman Herbal

Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis bisa tingkatkan kekebalan tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis bisa tingkatkan kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi rempah-rempah)
Foto: Flickr
Racikan jahe, kunyit, dan sejumput kayu manis bisa tingkatkan kekebalan tubuh (Foto: ilustrasi rempah-rempah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak lama, rempah telah dipercaya berkhasiat untuk kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh. Di tengah ancaman virus corona baru atau Covid-19, sebagian besar masyarakat memilih mengonsumsi minuman berbahan rempah untuk menjaga imunitas mereka.

Ada banyak racikan rempah yang telah dipraktikkan masyarakat, ada yang menggunakan jahe, temulawak juga kunyit. Baru-baru ini, Ahli Gizi dari India, Nmami Agarwal, membagikan resep untuk membuat “ramuan” penguat imun tubuh.

Baca Juga

Resepnya sederhana. Melalui akun Instagramnya, Agarwal mengatakan ramuan itu hanya terdiri dari irisan kunyit, jahe, sejumput kayu manis dan satu gelas air putih. Menurut Agarwal ketiga rempah itu, kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang selama periode waktu tertentu.

“Campur semua bahan, kemudian rebus. Minum setidaknya satu atau dua kali dalam sehari,” kata Agarwal, dilansir dari The Indian Express, Selasa (31/3).

Jahe, kata Agarwal, bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, meningkatkan metabolisme, juga memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe juga memiliki efek yang luar biasa dalam memerangi flu dan menghangatkan tubuh selama cuaca dingin.

Jahe bersifat diaforis yang membuat tubuh berkeringat dan mengatasi masalah yang mempengaruhi kekebalan tubuh. Sementara kunyit, bermanfaat memerangi masalah kesehatan pernapasan karena mengandung phyto-derivative dan senyawa anti-inflamasi yang membantu meredakan batuk. 

Kayu manis juga bermanfaat untuk melawan pilek dan mengurangi peradangan sistemik dari kondisi kesehatan kronis. Kayu manis juga dipercaya bisa menjaga kekebalan tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement