Ahad 22 Mar 2020 15:24 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Rihanna Sumbang 5 Juta Dolar AS

Rihanna menyumbang 5 juta dolar AS untuk membantu penanganan Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Rihanna menyumbang 5 juta dolar AS untuk membantu penanganan Covid-19.
Foto: EPA
Rihanna menyumbang 5 juta dolar AS untuk membantu penanganan Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rihanna menjadi salah satu selebritas AS teranyar yang ikut membantu upaya penanganan pandemi virus corona. Clara Lionel Foundation yang juga milik artis 32 tahun itu mengumumkan dalam siaran persnya pada Sabtu lalu bahwa Rihanna memberikan 5 juta dolar AS untuk mendukung mereka yang berada di garis depan dalam upaya tanggap Covid-19.

Bantuan itu diutamakan bagi mereka yang bekerja untuk melayani masyarakat yang terpinggirkan di Amerika Serikat, Karibia, dan Afrika. Yayasan Rihanna bermitra dengan organisasi seperti Direct Relief, Partners in Health, Feeding America, The International Rescue Committee, dan Solidarity Response Fund Covid-19 dari WHO.

Baca Juga

Sumbangan sebesar 5 juta dolar AS akan dipakai untuk mendanai pembelian alat pelindung untuk pekerja rumah sakit dan petugas di lini pertama, bank makanan lokal yang melayani orang tua, mendistribusikan pasokan bantuan alat pernapasan, dan memperlancar proses untuk pengujian serta perawatan di negara-negara seperti Malawi dan Haiti.

Awal tahun ini, pendiri Fenty Beauty itu menyerukan kepada semua orang untuk bersatu untuk memperbaiki dunia ini bersama sambil menerima penghargaan dari NAACP Image Awards.

“Kita tidak bisa melawannya sendiri-sendiri. Kalau hanya aku sendiri, tidak bisa cukup menekan virus ini,” kata Rihanna seperti dikutip USA Today, Ahad.

NAACP mengumumkan, mereka telah memilih bintang pop dan ikon mode itu untuk menerima President's Award tahun ini. Rihanna dianggap berhak menerimanya atas “karier pertamanya yang sukses sebagai seorang seniman dan musisi, lalu yang juga telah membedakan dirinya sebagai pelayan publik termasyhur”.

“Kita tidak bisa membiarkan desensitivitas meresap. Jika itu masalahmu, maka itu bukan milikku. Ini masalah wanita. Ini masalah orang kulit hitam. Ini masalah orang miskin. Maksud saya, berapa banyak dari kita di ruangan ini yang memiliki kolega dan mitra dan teman dari ras, jenis kelamin, dan agama berbeda? Coba angkat tangan. Nah, lalu Anda tahu mereka ingin memecahkan masalah dengan Anda, bukan? Mereka menyukaimu. Ini masalah mereka juga,” papar Rihanna.

Ketika virus corona terus menyebar, semakin banyak selebritas yang membantu, apakah itu dengan menghibur melalui konser gratis di media sosial, atau menggunakan rumah mode mereka untuk mendesain masker untuk petugas kesehatan. Desainer Christian Siriano membuat cuitan untuk Gubernur New York, Andrew Cuomo menawarkan untuk membuat masker bagi pekerja rumah sakit untuk membantu kekurangan yang ada.

"Jika @NYGovCuomo berkata kita perlu masker, tim saya akan membantu membuatnya. Saya masih memiliki tim menjahit penuh yang bisa membantu staf dari rumah," tulis Siriano.

Ada lebih dari 19.600 kasus yang dikonfirmasi di AS. Ada lebih dari 275.400 kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement