Ahad 08 Mar 2020 06:20 WIB

Ini Tempat Terbaik Mengamati Aurora di Norwegia

Norwegia utara adalah wilayah paling pas untuk tujuan pengamatan aurora

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Fenomena alam aurora borealis atau northern lights tampak di langit dekat Reykjanesbaer di Islandia, (14/10).
Foto: EPA
Fenomena alam aurora borealis atau northern lights tampak di langit dekat Reykjanesbaer di Islandia, (14/10).

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Dengan langit malam yang jernih dan lokasi di Lingkaran Arktik, Norwegia menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyimak aurora borealis alias cahaya utara. Ada sejumlah titik di mana pemandangan aurora terlihat sangat memukau.

Norwegia utara adalah wilayah paling pas untuk tujuan pengamatan aurora, salah satunya di Kota Tromso. Meskipun bercuaca dingin, Tromso adalah kota meriah dengan banyak pilihan makanan, serta pantai indah yang dikelilingi hutan.

Baca Juga

Tempat terbaik lain di Norwegia untuk menyaksikan aurora borealis adalah Lofoten, yang diklaim sebagai salah satu kepulauan terindah di dunia. Lokasi pulau yang terpencil artinya bebas dari berbagai polusi cahaya buatan sehingga mendukung pengamatan langit.

Pemandangan langit berkombinasi dengan laut yang membentang dan fjord, semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser. Perpaduan itu memberikan latar belakang alam yang semakin luar biasa saat mengabadikan fenomena cahaya utara.

Pilihan tempat lainnya adalah mengamati aurora di Kirkenes, kota di bagian utara Norwegia yang berbatasan dengan Rusia. Pulau-pulau Arktik lainnya juga cocok untuk pemandangan aurora yang jernih, termasuk Tanjung Utara.

Waktu terbaik untuk bertandang ke Norwegia utara demi pengamatan aurora adalah musim dingin dan musim gugur. Kedua musim memiliki waktu malam yang panjang dengan waktu siang yang singkat dan variasi sinar matahari yang cukup ekstrem.

Puncak pengamatan lazimnya berlangsung sejak awal Oktober hingga akhir Maret. Pada puncak musim panas, matahari hampir tidak terbenam sehingga menciptakan fenomena alam lain yang memikat, yang dikenal sebagai matahari tengah malam.

Pengamatan dari desa nelayan juga menjadi alternatif menarik. Pemandangan aurora di antara pondok-pondok nelayan kuno, hutan Arktik, serta gunung dan fjord di kejauhan, menghadirkan suasana yang sangat damai, dikutip dari laman Red Online.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement