Rabu 04 Mar 2020 16:10 WIB

Jaga Kebersihan dan Imunitas Tubuh Penting Cegah Covid-19

Langkah antisipasi dari sendiri juga penting untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Pelajar membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cuci di SD Negeri Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (4/2/2020).
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Pelajar membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cuci di SD Negeri Denasri Wetan 02, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (4/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Akademisi di bidang kesehatan Universitas Lampung Dr. dr. Ta Larasati, M.Kes mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan serta imunitas tubuh guna mencegah persebaran virus corona.

"Pemerintah telah melaksanakan beragam langkah untuk mencegah persebaran virus corona, dan kita patut menghargainya, namun perlu langkah antisipasi dari sendiri untuk mencegah penularan virus, " ujar dia dihubungi di Bandarlampung, Rabu (4/3).

Menurutnya, beragam langkah antisipasi dapat dilaksanakan untuk mencegah penularan salah satunya dengan menjaga kebersihan dan imunitas tubuh. "Langkah antisipasi penularan penyakit dapat kita mulai dari diri sendiri, salah satunya menjaga kebersihan upayakan selalu mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik dan bilas dengan air mengalir, bila tidak ada air dapat menggunakan hand sanitizer, " katanya.

Ia menjelaskan, upaya mudah yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan penyakit dapat dilakukan dengan menjaga imunitas tubuh melalui pola konsumsi bergizi.

"Pencegahan pertama dapat dilakukan dengan menjaga pola konsumsi dengan makan makanan bergizi dan seimbang, minum 8 gelas sehari, serta mengkonsumsi suplemen atau vitamin, sebab dengan imunitas yang baik akan menangkal virus, lalu selalu menjaga kebersihan rumah dan menyediakan celah untuk cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan dengan intensitas cukup, "katanya.

Menurutnya, masyarakat dihimbau jangan panik serta selalu mengutamakan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat serta menjaga kebersihan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement