Senin 24 Feb 2020 04:21 WIB

Daftar Makanan Asam yang Bantu Turunkan Berat Badan

Beberapa jenis makanan asam disebut bisa membantu turunkan berat badan

Rep: Puti Almas/ Red: Christiyaningsih
Beberapa jenis makanan asam disebut bisa membantu turunkan berat badan. Ilustrasi.
Foto: Pixabay
Beberapa jenis makanan asam disebut bisa membantu turunkan berat badan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki rasa asam namun segar. Dilansir Bold Sky, dengan rutin mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini, kita dapat memperoleh penurunan berat badan yang optimal dan sehat.

1. Lemon

Baca Juga

Dikemas dengan antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya, lemon adalah salah satu buah yang paling bermanfaat untuk membantu mendorong penurunan berat badan. Air dari perasan lemon dapat meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan. Minumlah jus lemon di pagi saat perut kosong untuk mendapatkan efek optimal.

2. Jeruk

Jeruk juga merupakan sumber antioksidan yang besar dan memiliki nol lemak. Jeruk hanya mengandung 47 kalori per 100 gram. Jeruk disebut sebagai buah kalori negatif karena mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Buah ini juga memiliki peran dalam membantu penurunan berat badan. Ketika dikonsumsi, jeruk membuat lemak dan kalori terbakar lebih banyak daripada apa yang Anda makan.

3. Asam Jawa (tamarind)

Tamarind atau juga dikenal sebagai Asam Jawa mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mencegah penyakit tertentu. Dengan vitamin C yang tinggi, makanan ini dapat membantu penurunan berat badan jika dikonsumsi sekali dalam sepekan.

4. Yoghurt

Yoghurt yang bebas lemak kaya akan protein, vitamin, dan probiotik yang sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt bebas lemak satu hari sekali dapat membantu menghilangkan lemak di bagian perut.

5. Tomat

Tomat dapat menyingkirkan kandungan lemak yang tidak diinginkan dalam tubuh. Jenis sayuran ini dapat membalik resistensi leptin, sejenis protein yang membantu mengatur laju metabolisme dan nafsu makan.

6. Nanas

Nanas mengandung asam bromelain dalam jumlah tinggi yang membakar lemak segera setelah buah dikonsumsi. Selain itu, buah ini memiliki kandungan serat yang baik yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Nanas membantu Anda makan lebih sedikit karena mudah menimbulkan rasa kenyang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement