Rabu 19 Feb 2020 19:23 WIB

Waktu Terbaik Memesan Tiket Pesawat

Kala merencanakan liburan, tiket pesawat biasanya dipesan jauh hari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kala merencanakan liburan, tiket penerbangan biasanya dipesan jauh hari (Foto: ilustrasi traveling)
Foto: Piqsels
Kala merencanakan liburan, tiket penerbangan biasanya dipesan jauh hari (Foto: ilustrasi traveling)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kala merencanakan liburan, sebagian besar pelancong pasti memesan tiket penerbangan jauh-jauh hari. Namun tak sedikit pula orang yang memesanan tiket satu pekan bahkan beberapa hari sebelum waktu liburan.

Sebuah studi dari The Qtrip Airfare menemukan waktu yang dianggap ideal untuk memesan tiket pesawat. Studi ini menganalisis lebih dari 917 juta tiket pesawat di 8.000 pasar untuk mengungkap waktu ideal memesan tiket penerbangan.

Baca Juga

Berdasarkan data dari tahun lalu, Qtrip menemukan bahwa rata-rata hari terbaik untuk membeli penerbangan adalah 77 hari sebelum tanggal perjalanan (untuk perjalanan domestik AS). Untuk lebih detailnya, Qtrip mengklasifikasikan rentang tanggal di mana Anda dapat membeli tiket pesawat, yang disebut Zona Pemesanan.

 

Ada 6 zona waktu pemesanan tiket pesawat yang dirangkum dari laman budgettravel, Rabu (19/2).

Zona pertama

Ada 315 hingga 202 hari sebelum hari H (Sekitar 10 hingga 6,5 bulan). Pilihan kursi, waktu penerbangan tertentu, dan bahkan kelas layanan paling masih bisa leluasa dipilih. Selain itu Anda juga menghemat budget karena harga tiket akan lebih murah.

Zona ketenangan

Pada zona ini, 201 hingga 128 hari sebelum hari H (Sekitar 6,5 hingga 4 bulan). Zona ini adalah yang terbaik untuk pelancong yang suka menjaga keseimbangan antara pilihan waktj penerbangan, kursi atau lainnya dengan dan nilai beli tiket.

Zona terbaik

Kemudian, 127 hingga 21 hari sebelumnya (Kira-kira 4 bulan hingga 3 minggu). Jika ingin mendapat harga tiket murah, Anda bisa memesan di zona ini. Sebab dari tahun ke tahun, zona pemesanan ini secara konsisten menghasilkan harga terendah untuk pelancong (dalam jarak 5% dari harga tiket terendah).

Zona keberuntungan

Lanjut ke zona 'lucky', 20 hingga 14 hari sebelumnya (Sekitar 3 - 2 minggu). Pada zona ini segalanya bisa menjadi tidak pasti. Dalam 3 minggu, kemungkinan harga tiket akan naik, dan pilihan menjadi terbatas. Jadi semoga beruntung!

Zona api

13 hingga 7 hari sebelumnya (2 minggu hingga 1 minggu). Nah bagi kalian yang suka mepet-mepet memesan tiket. Yang pasti, jika bermain api bisa membuat bekas luka bakar di dompet Anda.

Zona darurat

6 hingga 0 hari sebelumnya (Kurang dari seminggu). Kebanyakan orang yang mendapati diri ada di zona darurat karena ada kepentingan pekerjaan, keluarga atau perjalanan yang tidak terduga. Namun dengan adanya beragam platform pemesanan tiket, Anda bisa memilih kriteria dan harga yang sesuai dengan kantong Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement