Rabu 19 Feb 2020 18:46 WIB

Shareefa Daanish Pernah Masuk IGD karena Sakit Maag

Shareefa Daanish berulang kali dilarikan ke IGD karena maag-nya kambuh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris dan presenter Shareefa Daanish
Foto: Republika/Desy Susilawati
Aktris dan presenter Shareefa Daanish

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Shareefa Daanish menderita sakit maag kronis. Bahkan, karena penyakitnya ini, ia sudah berulang kali dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit.

"Saya menderita maag bertahun-tahun, sejak umur sembilan tahun. Dari kecil, penyakit ini sudah biasa buat saya," ujarnya dalam acara diskusi mengenai kesehatan lambung dan peluncuran #SobatPerih yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Farma TBK di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga

Shareefa menjelaskan, semasa kecil ia tidak begitu suka makan. Alhasil, lambungnya bermasalah. Ketika dewasa, penyakit bertambah parah.

"Sekarang, kegiatan saya salah satunya syuting. Waktu tidak menentu, waktu makan tidak teratur. Maag kambuh gara-gara stres, makan pedas, dan minum kopi," jelasnya.

Shareefa ingat, ketika bulan puasa, ia berbuka dengan minuman soda. Alhasil, ia langsung dilarikan ke IGD karena maag-nya kumat.

Kasus lainnya terjadi saat syuting. Shareefa ketika itu belum sarapan. Begitu ada jeda pengambilan gambar,  ia langsung menyantap mi instan pedas.

Setelah itu, sakit maag tidak segera menyerang, namun Shareefa langsung vertigo, merasa pusing dan bergoyang-goyang, seperti gempa. Tak lama kemudian, ia muntah dan berakhir di IGD.

"Kita harus waspada dan peduli, semua orang berpotensi maag dan kalau sudah punya sakit maag, harus tahu faktor pencetusnya apa. Hindari makanan pemicu sakit maag," ujarnya.

Sejak saat itu, Shareefa berusaha menyiasati makanan yang akan dikonsumsinya. Ketika hendak mengonsumsi makanan pedas, ia akan menyantap makanan lainnya terlebih dahulu yang tentunya aman di lambung.

Sama halnya ketika hendak minum kopi. Shareefa akan makan terlebih dulu.

"Jangan biarkan perut kosong," ujar aktris dan presenter kelahiran 21 Juni 1982 di St Mary's Hospital, London, Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement