Rabu 19 Feb 2020 13:05 WIB

5 Cara Melakukan Negosiasi dengan Wedding Organizer

Untuk menghindari kendali yang terlalu besar dan tagihan biaya yang membengkak, berikut 5 cara negosiasi yang dapat Anda lakukan dengan wedding organizer.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
.
.

Menyiapkan sebuah pernikahan menjadi sebuah momen sakral dan tidak terlupakan jelas bukan pekerjaan sederhana yang bisa selesai dalam waktu singkat. Mewujudkan keinginan pasangan mempelai (beserta keluarganya) yang terbingkai dalam sebuah upacara suci kerap kali menimbulkan cek-cok atas ketidakcocokan selera dan pendapat mengenai sebuah hal.

Menghindari perselisihan ini, banyak pasangan yang memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer (WO) yang mengurus berbagai hal keperluan pernikahan mulai dari akad nikah hingga rancangan pesta pernikahan atau resepsi yang bisa custom sesuai keinginan pelanggannya. Biasanya pihak WO juga memiliki berbagai referensi yang bisa disarankan kepada pasangan untuk merancang pernikahan mereka nantinya. 

Untuk menghindari kendali yang terlalu besar dan berpotensi menimbulkan tagihan biaya yang membengkak. Anda dan pasangan perlu berkomunikasi dengan pihak WO untuk merencanakan pernikahan sesuai dengan keinginan dan juga bujet yang telah disiapkan. Komunikasi yang baik akan meminimalisir risiko kesalahan yang mungkin tidak bisa ditolerir oleh Anda selaku Raja dan Ratu sehari dalam pesta pernikahan.

Berikut 5 cara yang bisa membuat Anda lebih jago dalam bernegosiasi dengan pihak WO untuk mencapai kesepakatan bersama dan mewujudkan pesta pernikahan terbaik tanpa menghamburkan terlalu banyak dana.

 

1. Pilih WO yang Punya Banyak Portofolio

Mencari Info Lebih

Pilih WO yang punya banyak portofolio via i2.wp.com 

Belum lama ini banyak puluhan calon pengantin yang menjadi korban penipuan WO abal. Mereka diiming-imingi dengan paketan pernikahan yang megah dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan WO lainnya.

Tapi pada kenyataannya, setelah para calon pengantin melunasi pembayaran, si pemilik WO kabur tanpa meninggalkan pesan. Alhasil, pernikahan yang seharusnya digelar sesuai dengan impian, justru jadi berantakan. Misalnya saja, dekorasi yang sangat jelek, tidak ada makanan untuk para tamu dan sebagainya. 

Untuk menghindari hal ini, pasangan calon pengantin harus mencari WO yang punya banyak portofolio alias yang sudah banyak menangani klien dalam urusan pernikahan. Jangan hanya terpaku pada satu WO saja, tapi biasakan untuk bersedia melakukan survei pada beberapa WO.

Anda harus mencoba mencari tahu sendiri ke beberapa WO untuk mengetahui daftar vendor mulai dari katering, dekorasi, busana dan make up pengantin, foto dan videografer dan lainnya yang telah bekerja sama serta portofolio masing-masing lengkap dengan biaya yang ditawarkan.

Bandingkan antara WO satu dengan lainnya. Pertimbangkan masalah biaya, kualitas, reputasi, dan bila perlu Anda bisa mencari informasi mengenai pengguna lain yang pernah menggunakan jasa WO tertentu di internet. Rating dari WO yang baik pasti akan menjadi bahan pertimbangan Anda dan pasangan.

Kebiasaan untuk membandingkan beberapa WO ini akan memberikan Anda informasi mengenai beberapa penyedia jasa yang memberikan produk dengan harganya masing-masing. Pilihlah WO yang kriterianya sesuai dengan yang Anda dan pasangan inginkan. WO yang baik dan benar adalah WO yang mau mendengarkan pendapat dan mengabulkan keinginan klien.

Jika adanya wedding vendor yang kurang minat dihati, jangan ragu untuk melakukan negosiasi. Ingat, Anda mungkin memang sangat membutuhkan jasa WO ini tetapi bukan berarti rancangan dana Anda harus berantakan hanya karena menyesuaikan dengan tawaran dari WO itu sendiri.

2. Jangan Malu Bertanya Soal Diskon

 Jangan Malu Bertanya

Jangan malu bertanya soal diskon via fiscalfitnessphx.com 

Tidak ada yang salah dengan bertanya. Anda harus berani mengutarakan pertanyaan dan pendapat, terutama menyangkut urusan diskon. Bagi Anda yang berorientasi pada penghematan biaya pernikahan, namun tetap ingin menggunakan jasa WO, bangunlah komunikasi yang baik.

Tanyakan dengan sopan mengenai ada tidaknya diskon yang sedang berjalan atau buat kesepakatan yang lebih baik dengan memberikan tawaran yang sama menguntungkan bagi Anda dan pihak WO.

Jangan pernah menggunakan kekuatan paksaan Anda untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai maksimal dengan pengorbanan yang minimal. Tidak ada yang ingin dirugikan di sini. Bila Anda menginginkan pelayanan terbaik, Anda juga harus mengetahui batas wajar ketika Anda mengajukan diskon atas pesanan Anda.

Cara terbaik untuk mengajukan harga yang lebih rendah daripada tawaran pihak wedding vendors adalah dengan membandingkan tawarannya dengan WO lainnya. Perhatikan hasil produk atau portofolio, patokan harga, kualitas, dan reputasi yang dimiliki oleh WO yang Anda pilih. Jangan sampai Anda menawar hingga membuat pihak WO merasa sangat direndahkan.

3. Terbuka Mengenai Dana Pernikahan

Dana Pernikahan

Terbuka Mengenai Bujet Pernikahan via huffpost.com 

Setelah Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dengan pihak WO, langkah selanjutnya adalah bersikap lebih terbuka. Kita semua tahu bahwa tidak ada orang yang tidak ingin momen pernikahannya megah dan dapat dikenang oleh semua orang, baik itu Anda dan pasangan, keluarga, maupun para tamu undangan yang hadir. Akan tetapi, kita juga harus mau mengakui bahwa bisnis WO tidak mau mengalami kerugian ketika Anda mengajukan penawaran diskon untuk pesanan Anda.

Terbuka mengenai dana yang Anda dan pasangan sediakan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan bukanlah sebuah aib, itu justru akan membantu Anda dan WO untuk dapat mencapai kesepakatan sehingga tidak akan ada yang merasa dirugikan. Dengan sama-sama mengetahui dana yang akan dipergunakan untuk melaksanakan upacara dan pesta pernikahan, tentunya akan sama-sama memikirkan cara terbaik untuk memilih wedding vendor yang menawarkan harga murah namun tetap memberikan kualitas yang bagus sehingga pernikahan impian bisa terwujud.

Baca JugaTips Mempersiapkan Tabungan untuk Pernikahan Anda dan Pasangan

4. Pilih Waktu Pernikahan dengan Tepat

 Fleksibel Waktu

Pilih waktu pernikahan dengan tepat via todayifoundout.com 

Kita semua tahu bahwa kebanyakan bisnis berjalan sesuai dengan tren atau musim. Ketika saat ini sedang musim hujan, banyak pebisnis menjual payung. Ketika ini musim panas, semua orang berjualan lime squash. Ini adalah pola yang umumnya dilakukan oleh para pemilik bisnis. Dan hal ini harus Anda sadari.

Ketika Anda memutuskan waktu yang tepat untuk pernikahan Anda, ini bisa menjadi waktu yang tepat dan juga tidak tepat ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa WO. Waktu-waktu yang bersamaan dengan pasangan lain yang ingin menyelenggarakan pesta pernikahan mungkin akan mempengaruhi harga penawaran yang diajukan para WO.

Tak menutup kemungkinan bahwa ini akan menjadi petaka bagi Anda yang sangat ingin menyimpan dana dan menggunakan betul-betul seperlunya untuk melaksanakan pesta pernikahan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih waktu yang tepat.

Hal ini berguna untuk melakukan negosiasi dengan para pihak penyedia jasa WO. Anda mungkin akan mendapatkan penawaran dengan harga yang lebih rendah ketika tidak banyak proyek yang akan diterima oleh Wo. Bisa menjadi sebuah keuntungan bukan?

5. Lunasi Tagihan Dalam Satu Kali Pembayaran 

Lunasi Tagihan

Lunasi Tagihan Dalam Satu Kali Pembayaran via assets.trabiancdn.com 

Ketika Anda telah mencapai kesepakatan yang dirasa sama-sama menguntungkan bagi Anda dan pihak WO, ketahuilah ada etika sekaligus trik yang bisa membantu Anda dan bukannya tidak mungkin Anda mendapatkan penawaran yang jauh lebih baik dari kesepakatan sekarang.

Bayarlah semua tagihan dalam kondisi lunas, tanpa perlu ada cicilan lagi. Ini akan memberikan sinyal kepada para WO bahwa Anda bersungguh-sungguh mengharapkan jasa mereka meski mereka mengetahui bahwa Anda juga sangat menyimpan dana untuk melaksanakan pesta pernikahan.

Pembayaran secara lunas dalam sekali juga menghindarkan Anda dari resiko jangka panjang yang mungkin ada. Selain itu, akan lebih baik bila Anda tidak perlu membayar begitu banyak bunga untuk melunasi semua tagihan pada WO. Siapa tahu juga dengan pembayaran lunas ini, pihak WO akan memberikan potongan harga lagi.

Baca Juga : Biaya Nikah Hemat dengan Hiasan Kreasi Sendiri

Tidak berhasil? Cari yang lain!

Jika sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan WO yang tepat beserta produk, portofolio, harga penawaran, kualitas, dan reputasi yang sebaik keinginan Anda, tapi tidak menemukan titik kesepakatan antara Anda dengan WO. Jangan memaksakan kehendak untuk tetap memperoleh jasa dari WO tersebut dengan budget yang Anda miliki sekarang.

Anda harus mencari WO yang lain. Jangan tergantung pada satu pihak saja. Masih banyak penyedia jasa WO pernikahan Anda yang lebih baik – tentunya yang bersedia mencari solusi dan mencapai kesepakatan bersama. Jika perlu, Anda dan pasangan datang ke berbagai pameran wedding yang biasanya diselenggarakan di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Di sana, Anda dan pasangan akan lebih mudah menemukan WO yang mau membantu Anda dan pasangan untuk mewujudkan pernikahan dengan dana yang telah disiapkan. 

Baca Juga : 6 Cara Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement