Selasa 11 Feb 2020 05:09 WIB

Empat Langkah Membuat Secangkir Kopi ala Barista

Tidak mudah untuk meniru kopi yang dibuat oleh barista profesional.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tidak mudah untuk meniru kopi yang dibuat oleh barista profesional (Foto: ilustrasi kopi ala barista)
Foto: Nora Azizah/Republika
Tidak mudah untuk meniru kopi yang dibuat oleh barista profesional (Foto: ilustrasi kopi ala barista)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi adalah salah satu dari kenikmatan dunia. Dengan rasa dan aromanya, kopi bisa menjadi obat untuk hari yang buruk. Selama bertahun-tahun, para pecinta kopi telah terobsesi dengan membuat secangkir kopi yang sempurna.

Namun, tidak mudah untuk meniru kopi yang dibuat oleh barista profesional. Sebab, ada banyak aturan, teknik, dan hal lain yang harus diperhatikan dalam menyeduh kopi.

Baca Juga

Namun setidaknya 4 hal yang bisa diperhatikan agar bisa membuat secangkir kopi yang nikmat. Berikut penjelasannya seperti dilansir Chowhound, Selasa (11/2).

Mesin pembuat kopi

Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu menentukan teknik pembuat kopi yang tepat apakah dengan mesin espresso, The AeroPress dan SoftBrew. Mesin espresso bisa menyediakan secangkir kopi yang kuat, aromatik, dan penuh rasa. Meskipun demikian tidak semua mesin espresso dibuat sama, karena ada pilihan yang berbeda untuk dipilih bergantung pada preferensi Anda.

Adapun The AeroPress adalah mesin pembuat kopi yang cocok digunakan untuk membuat kopi dengan cepat, dengan hasil sekuat espresso. Sementara SoftBrew merupakan metode unik yang bergantung pada seduhan. SoftBrew terlihat seperti teko dan memiliki filter penuh dengan banyak lubang kecil sehingga Anda bisa menggunakan ukuran menggiling yang diinginkan. SoftBrew juga sangat mudah digunakan, cukup masukkan kopi ke dalam saringan, tuangkan air.

Pilih biji kopi berkualitas dan segar

Ada berbagai biji kopi yang bisa dipilih, dan masing-masing rasanya sangat berbeda. Namun, jenis yang paling populer adalah biji Arabica dan Robusta. Kacang robusta lebih murah, dosis kafein lebih tinggi, dan rasanya yang kuat. Sementara biji Arabika dianggap sebagai cawan suci dalam hal biji kopi. Arabika harganya lebih mahal dan rasanya juga lebih enak.

Selain itu, Anda harus tahu cara menyimpan biji kopi secara efektif. Pertama, masukkan ke dalam stoples kedap udara, dan hindari menempatkannya di lemari es karena mudah terkena kelembapan dan rasa lainnya.

Gunakan air yang berkualitas

Faktor penting lain yang harus diperhatikan adalah air. Air keran bisa penuh dengan bahan kimia yang akan membuat kopi Anda terasa funky dan merusak rasanya. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat memasang filter yang menghilangkan bahan kimia tersebut atau membeli air kemasan dan menggunakannya setiap kali Anda membuat kopi. Selain itu, menggunakan air yang terlalu panas juga dapat merusak kopi dan membuatnya terasa pahit. Tetap berpegang pada 200oF untuk hasil terbaik.

Pakai grinder dan filter yang ideal

Menggiling kopi sesaat sebelum diseduh akan memberikan hasil terbaik untuk menjaga kopi tetap segar dan kopi tidak akan basi. Selain itu, pilih paper filter yang bebas dioksin atau untuk opsi yang lebih hijau, gunakan filter berlapis emas yang bisa bertahan lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement