Jumat 07 Feb 2020 21:38 WIB

Sukses Secara Finansial dengan Menekuni Hobi

Tidak sedikit orang yang bisa menghasilkan uang karena melakukan hal yang disukai.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tidak sedikit orang yang bisa menghasilkan uang karena melakukan hal yang disukai (Foto : Pekerja milenial)
Foto: Pixabay
Tidak sedikit orang yang bisa menghasilkan uang karena melakukan hal yang disukai (Foto : Pekerja milenial)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang bisa menghasilkan uang dan sukses secara finansial karena melakukan apa yang dia sukai. Semisal hobi bermusik menjadi musisi, hobi menulis jadi penulis dan lainnya.

Meski begitu, tidak mudah untuk bisa sukses secara finansial dengan bekerja sesuai hobi atau passion. Dibutuhkan kerja keras, konsistensi, disiplin, dan hal lainnya. Adalah Nicolas Cole, penulis sekaligus kolumnis untuk majalah kenamaan dunia yang telah berjuang untuk menjadikan hobinya menjadi sumber pendapatan dan sukses secara finansial.

Baca Juga

Dilansir The Ladders, Jumat (7/2) Cole menulis beberapa tips untuk bisa sukses secara finansial dengan menekuni hobi, seperti apa yang telah dia praktekkan. Sebagai berikut

Pahami realita pekerjaan

Bagi generasi milenial yang belum pernah bekerja dan belum ada gambaran realita di dunia kerja, pasti kamu akan membayangkan semua pekerjaan sesuai dengan teori. Misalnya, kata Cole, kala dia lulus kuliah dia punya gambaran terperinci bagaimana menjadi seorang penulis full time.

Namun itu hanya mengacu pada anggapan dan teori bukan realita atau pengalaman. Untuk itu, pastikan kamu sudah tahu secara gamblang terkait konsekuensi, tanggung jawab dan lainnya.

 

Bekerja tanpa henti

"Anda tidak bisa mengarahkan kapal yang tidak bergerak," itulah kata-kata pemicu Cole untuk terus bekerja tanpa henti, bangkit dan terus mencoba. Menurut Cole, dengan bekerja tanpa henti nantinya kamu akan menemukan sendiri bentuk seperti apa yang pas dan dikuasai.

"Awalnya saya tidak yakin menjadi penulis adalah mimpi yang realistis bagi saya. Yang saya tahu adalah setiap kali saya duduk di depan komputer saya senang bermain dengan kata-kata. Jadi, saya mencoba jutaan hal berbeda. Menulis pengalaman traveling, tentang kebugaran, hingga akhirnya kita menemukan apa yang terbaik," kata Cole.

Singkirkan semua gangguan

Gangguan itu bisa berupa macam-macam, yang pasti bisa memengaruhi konsentrasi, mengurangi waktu bekerja dan lainnya. Untuk bisa sukses secara finansial dengan menekuni hobi, pastikan kamu menutup semua gangguan tersebut.

Ketahui sesuatu bukan karena teori tapi pengalaman

Cole mengaitkan 99 persen kesuksesannya di dunia penulisan dengan satu hal yakni menulis. Tidak ada pelajaran paling berharga kecuali pengalaman dan latihan terus menerus.

"Artinya jika kamu ingin menjadi seorang profesional, Anda perlu berlatih. Anda harus peduli. Anda perlu me-root pengetahuan Anda dalam pengalaman hidup bukan teori yang Anda baca di posting blog tentang pemasaran," kata dia.

Belajar bisnis

Jika kamu ingin mengubah apa yang disukai menjadi karier, maka kamu harus memikirkan bagaimana hal itu menghasilkan uang. Jadi selain mengasah skill menulis, atau apapun hobimu, pastikan kamu pahami strategi bisnis untuk memasarkan karyamu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement