Jumat 07 Feb 2020 14:23 WIB

Enam Makanan Ini Berpotensi Merusak Gigi

Tak hanya cokelat dan permen, ada beberapa jenis makanan lain yang bisa merusak gigi.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Meski cokelat dan permen disebut berbahaya bagi kesehatan gigi, ada beberapa jenis makanan yang bisa merusak gigi apabila dikonsumsi dengan cara tidak tepat (Foto: ilustrasi gigi sehat)
Foto: Pxfuel
Meski cokelat dan permen disebut berbahaya bagi kesehatan gigi, ada beberapa jenis makanan yang bisa merusak gigi apabila dikonsumsi dengan cara tidak tepat (Foto: ilustrasi gigi sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memanjakan mulut dengan cokelat atau permen memang menyenangkan. Namun, dua makanan manis ini sudah umum diketahui bisa merusak gigi.

Mengapa kesehatan gigi menjadi penting? Sebab, senyuman akan jauh lebih 'memikat' apabila ditunjang dengan gigi yang bagus. Gigi yang bagus dan sehat juga bisa menambah kepercayaan diri.

Baca Juga

Meski cokelat dan permen disebut berbahaya bagi kesehatan gigi, ada beberapa jenis makanan yang bisa merusak gigi apabila dikonsumsi dengan cara tidak tepat. Berikut enam makanan yang berpotensi merusak gigi dilansir melalui healthshot, Jumat (7/2).

 

Roti

Ternyata saat mengunyah roti, air liur akan memecah pati dan menjadi gula. Proses ini akan berubah menjadi zat seperti pasta yang menempel pada celah di antara gigi yang menyebabkan gigi berlubang.

 

Minuman berkarbonasi

Tahukah bahwa minum minuman berkarbonasi dalam jumlah yang banyak dapat merusak gigi seperti halnya mengonsumsi metamfetamin?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Philadelphia's Temple University mengungkapkan bahwa konsumsi obat-obatan terlarang dan asupan berlebihan minuman berkarbonasi dapat dikaitkan dengan erosi gigi.

 

Keripik kentang

Keripik kentang sarat dengan pati, yang berubah menjadi gula yang mungkin terperangkap di antara gigi dan menjadi makanan bagi bakteri dan gigi, yang menyebabkan kerusakan gigi. Produksi asam dari keripik juga menyebabkan erosi gigi. Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi lebih banyak bentuk olahan pati meningkatkan risiko gigi berlubang.

 

Es

The American Dental Association mengatakan bahwa mengunyah zat keras seperti es dapat merusak enamel dan membuat seseorang lebih rentan mengalami gigi yang terkelupas atau patah. Bahkan jika menggunakan es untuk mendinginkan minuman, cobalah untuk tidak mengunyahnya.

 

Permen asam

Permen asam mengandung berbagai jenis asam (tergantung kandungan yang digunakan) sehingga dapat merusak kesehatan gigi. Kandungan asam dalam permen bisa menempel pada gigi dan menyebabkan kerusakan.

 

Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk lemon yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan, tetapi lemon juga memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan erosi enamel sehingga membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Selain itu, menambahkan jeruk nipis atau lemon ke dalam air yang membuatnya asam dari buah tersebut juga dapat menyebabkan luka pada mulut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement