Jumat 31 Jan 2020 23:26 WIB

Darius Ajarkan Kebersihan pada Anak Sejak Dini

Bagi Darius, mengajarkan kebersihan sejak dini dimulai dari diri sendiri.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bagi Darius, mengajarkan kebersihan sejak dini dimulai dari diri sendiri (Foto: Darius Sinathrya)
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Bagi Darius, mengajarkan kebersihan sejak dini dimulai dari diri sendiri (Foto: Darius Sinathrya)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengajarkan kebersihan kepada anak penting dilakukan sejak dini. Sebab mendidik anak untuk terbiasa hidup sehat dan bersih bukan perkara mudah, sehingga perlu dibiasakan sejak dini.

Hal itu juga dilakukan oleh pasangan selebritis, Darius Sinathrya dan Donna Agnesia. Menurut Darius, ia dan Donna selalu mengajarkan ketiga buah hatinya menjaga kebersihan toilet dan diri sendiri.

Baca Juga

"Khususnya anak yang cowok-cowok kalau pipis dan tidak ada urinoir, aku sama Donna ajarkan agar mereka mengangkat alas dudukan toiletnya. Itu hal simpel yang mulai aku ajarkan dari kecil," kata Darius dalam konferensi pers Harpic di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (31/1).

Dia juga mengajarkan ketiga buah hatinya selalu mencuci tangan dengan sabun setelah buang air. Menurut Darius, mengajarkan dua hal itu saja membutuhkan kesabaran yang ekstra sebab tidak serta merta anak akan terbiasa menerapkan hal itu.

"Mengajarkan segala sesuatu kepada anak itu butuh waktu dan kesabaran. Mengajarkan anak antri saja butuh 7 tahun, perihal ini juga sama mungkin butuh waktu tahunan," jelas Darius.

Darius juga menyarankan agar pola ajar yang diterapkan orang tua tidak satu arah. Dalam arti, anak harus sering-sering diajak diskusi terkait pola hidup sehat dan bersih.

"Kalau anak misal lupa tidak mencuci tangan atau apa, ya kita jangan marahin tapi beri penjelasan secara baik-baik. Harus dikomunikasikan, juga diberikan contoh," ucap Darius.

Gumanti Awaliyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement