Jumat 31 Jan 2020 19:23 WIB

Mau Bisnis Kos Lebih Untung, Begini Caranya

Perlu manajemen dan operasional yang baik untuk gedung dan rumah kos.

Tampak salah satu contoh kamar kos yang ditata dengan baik.
Foto: dok istimewa
Tampak salah satu contoh kamar kos yang ditata dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisnis Properti rumah kos telah lama menjadi pilihan investasi yang mudah bagi masyarakat luas. Lokasi strategis dan kelengkapan fasilitas menjadi daya tarik untuk merebut pasar penyewa yang menjanjikan. 

Tingginya permintaan pasar dan potensi passive income menjadi dua hal yang menjadikan bisnis properti kos menjadi sorotan. Namun, bisnis kos tentunya bukan tanpa risiko.  Khususnya terkait operasional dan manajemen pengelolaan kos.

“Bisnis kost menjadi daya tarik yang sudah tumbuh sejak puluhan tahun lalu dan mengalami begitu banyak perkembangan, " kata Glen Ramersan, Chief Executive Officer (CEO) RoomMe, operator virtual kos di tanah air dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/1).

Bahkan menurutnya, kos telah menjadi bagian dari gaya hidup yang cukup unik dari generasi ke generasi sejak puluhan tahun lalu. Ada dua hal kerap berdampak pada bisnis kos yang pada akhirnya cukup berpengaruh bagi sektor kost di tanah air. Pertama, ketidakstabilan pendapatan tidak lancar, tingkat hunian tidak stabil, tunggakan sewa kost. Kedua, kerumitan pengelolaan kos (unit kost terisi penuh, tapi tidak mendapatkan keuntungan).

Karena itu diperlukan manajemen dan operasional yang baik untuk gedung dan rumah kos. Termasuk didalamnya memastikan fasilitas terjamin dan terstandardisasi dengan baik. Sehingga memberikan pengalaman tinggal terbaik bagi pelanggan.  Hal itu yang coba dilakukan RoomMe yang menerapkan end-to-end error-free service. 

Sehingga memungkinkan pebisnis kos mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnis operasional kos, tanpa kendala. "Pebisnis kos tak lagi perlu direpotkan dengan urusan operasional yang menyita waktu, tak perlu pusing memikirkan cara promosi untuk menarik perhatian pelanggan," kata Glen. 

Indyastari Wikan Putri, salah seorang pemilik kos mengaku semenjak bergabung dengan RoomMe, telah mendapatkan jaminan pendapatan tetap setiap bulannya. Dirinya merasa sangat terbantu dan tidak lagi memikirkan tingkat hunian  yang terkadang tidak menentu termasuk kegiatan operasionalnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement