Jumat 31 Jan 2020 09:38 WIB

Ini Daftar Kota Terpadat di Dunia

Sebuah indeks lalu lintas bernama Tom-Tom merilis daftar kota paling padat di dunia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Menurut penelitian ini, kota Bengaluru, India menempati urutan pertama kota terpadat di dunia, sementara Jakarta menduduki urutan ke sepuluh (Foto: lalu lintas padat di India)
Foto: Flickr
Menurut penelitian ini, kota Bengaluru, India menempati urutan pertama kota terpadat di dunia, sementara Jakarta menduduki urutan ke sepuluh (Foto: lalu lintas padat di India)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah indeks lalu lintas bernama Tom-Tom merilis daftar kota paling padat di dunia. Menurut penelitian ini, kota Bengaluru, India menempati urutan pertama kota terpadat di dunia, sementara Jakarta menduduki urutan ke sepuluh.

Dilansir di laman Wired, Jumat (31/1), lima kota yang lain yang menduduki kota terpadat setelah Bengaluru, adalah Manila, Bogotá, Mumbai, dan Pune. Menurut penelitian itu, atas kepadatan itu, kota-kota mega tersebut memiliki lalu lintas terburuk di dunia.

Baca Juga

Laporan yang dirilis oleh perusahaan navigasi dan pemetaan Belanda pada hari Selasa (28/1) itu memberi peringkat kota-kota dengan waktu rata-rata yang ditambahkan dalam perjalanan. Ini juga mencakup perincian tentang kapan kemacetan terberat dan teringan, bagaimana jalan raya dibandingkan dengan permukaan jalan, dan berapa banyak pengemudi waktu yang terbuang menunggu pengemudi lain untuk keluar dari jalan mereka.

Salah satu perwakilan dari TomTom, Nick Cohn mengatakan, sangat mudah untuk melihat mengapa kota-kota di India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan mendominasi daftar teratas ini. Dia melanjutkan, akibatnya hal itu membuat tidak cukupnya alternatif bagi masyarakat untuk berkeliling.

"Ini sebagian karena kesuksesan ekonomi yang besar," kata Cohn.

Dia mencontohkan, kota Bengaluru, yang populasinya meningkat kira-kira dua kali lipat sejak 2001. Diperlukan jalan, manajemen lalu lintas, dan sistem transit yang diperlukan untuk memindahkan semua para penghuni kota.

TomTom mengambil datanya dari lebih dari 600 juta pengemudi yang menggunakan petanya, baik pada perangkat navigasi aftermarket sekolah lama. Mereka melakukannya melalui sistem navigasi built-in mobil mereka, atau aplikasi ponsel pintar.

Pengguna tidak perlu melihat logo TomTom untuk menjadi bagian dari datanya. Sebab, perusahaan menyediakan data untuk Apple Maps, dan baru-baru ini membuat kesepakatan untuk melakukan hal yang sama untuk Huawei.

photo
Negara terpadat di dunia versi Tomtom

Laporan lalu lintas tersedia secara gratis, tetapi kota-kota yang menginginkan jenis data penyelaman mendalam yang diperlukan untuk mengurangi kemacetan harus membayar.  TomTom menawarkan data lalu lintas real-time, reporter acara yang mencatat hal-hal seperti penutupan jalan, data historis yang berasal dari 2008, analisis yang lebih disukai pengemudi rute daripada yang lain, dan banyak lagi.

Jika dikonfirmasi bahwa kota Anda padat macet tidak cukup buruk, laporan itu juga melacak lalu lintas dari satu tahun ke tahun berikutnya, yang dimana  jumlahnya tidak menggembirakan.

Dari 2018 hingga 2019, lalu lintas memburuk di sebagian besar 436 kota yang diperingkat, namun beberapa kota juga terlihat ada perbaikan. Di AS, setidaknya, beberapa di antaranya dapat disalahkan pada ekonomi yang kuat.

Semakin banyak orang yang bekerja berarti semakin banyak orang yang mengemudi. Ini juga berarti lebih banyak kemacetan di 44 dari 80 kota di AS yang terdaftar.  Hanya lima, yaitu di Columbus, Detroit, Louisville, Milwaukee, dan Cleveland menunjukkan menurun.

Cohn pun mendesak perencana kota agar tidak memberikan saran agar pengemudi bisa mengemudi dengan lebih mudah.  "Saya benar-benar tidak percaya bahwa mungkin, setidaknya di sisi jalan, untuk membangun jalan keluar dari kemacetan," katanya.

Dia menyarankan manajemen lalu lintas yang lebih baik. Contohnya hal-hal seperti lampu lalu lintas yang lebih baik, tetapi juga lebih banyak bus, infrastruktur bersepeda yang lebih baik, dan alat yang lebih pintar untuk memandu orang menjauh dari mobil.

Helsinki, misalnya, memungkinkan orang merencanakan dan membayar perjalanan multimodal dalam satu aplikasi. Sehingga mereka tidak perlu mengumpulkan informasi yang berbeda mengenai jadwal transit, lokasi berbagi sepeda, dan sebagainya.

"Anda tidak perlu menambah kapasitas, namun hanya perlu menggunakan apa yang kamu miliki dengan cara yang lebih pintar," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement