Kamis 30 Jan 2020 05:12 WIB

Teh Herbal Bantu Kualitas Tidur Lebih Baik

Ada beberapa jenis teh herbal yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Sebuah penelitian terbaru menujukkan mengkonsumsi teh herbal dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik (Foto: ilustrasi teh herbal bubuk)
Foto: Flickr
Sebuah penelitian terbaru menujukkan mengkonsumsi teh herbal dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik (Foto: ilustrasi teh herbal bubuk)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian terbaru menujukkan mengkonsumsi teh herbal dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Analisis yang dilakukan dari 10 uji klinis, melibatkan 550 peserta di seluruh dunia menemukan bahwa teh herbal seperti chamomile, jahe, dan brews peppermint adalah diantara jenis teh yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat lain di dalam teh herbal, seperti teh spearmint diketahi adalah untuk untuk osteoartritis, kemudian teh lemon balm mengurangi stres oksidatif, lalu teh rosehip menyebabkan kram periode kurang ekstrim, serta chamomile meningkatkan kontrol glikemik. Para peneliti yang diantaranya adalah spesialis herbal medis seperti Chris Etheridge, melihat hasil dari sepuluh studi 'standar emas' dari Inggris, Cina, Jepang dan Kanada.

Baca Juga

Sifat kimiawi dalam teh herbal diteliti dan melihat senyawa alami seperti alkaloid, karotenoid dan polyacetylenes yang umum dalam banyak jenis teh herbal yang populer. Ini terkait dengan peningkatan kualitas tidur dan kontrol glikemik.

“Kita mengetahui infus teh herbal mengandung bioaktif tanaman penting yang dapat memiliki beragam efek biologis dalam tubuh.

Ada bukti yang muncul untuk efek anti-penuaan berdasarkan studi sel,” ujar Etheridge dilansir Metro, Kamis (30/1).

Secara keseluruhan, studi-studi tersebut menunjukkan bahwa reputasi tradisional yang dimiliki oleh infus teh herbal untuk mendukung kesehatan memang layak untuk diterima. Menurut Etheridge, hal ini muncul setelah adanya penelitian yang mengaitkan konsumsi teh hijau dengan kehidupan yang lebih lama dan sehat.

“Singkatnya, kami pikir ini mungkin saatnya untuk mendapatkan secangkir teh herbal,” jelas Etheridge menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement