Rabu 22 Jan 2020 05:27 WIB

Mencampur Tulsi ke Dalam Teh, Apa Manfaatnya?

Tulsi merupakan sejenis daun yang dikenal sebagai ramuan tradisional di India.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Tulsi atau ruku-ruku yang dikenal sebagai salah satu ramuan ayurveda, dengan manfaatnya untuk berbagai kondisi kesehatan. Bahan ini juga sering digunakan untuk banyak pengobatan tradisional di rumah (Foto: Ilustrasi teh tulsi)
Foto: Pxfuel
Tulsi atau ruku-ruku yang dikenal sebagai salah satu ramuan ayurveda, dengan manfaatnya untuk berbagai kondisi kesehatan. Bahan ini juga sering digunakan untuk banyak pengobatan tradisional di rumah (Foto: Ilustrasi teh tulsi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tulsi atau ruku-ruku yang dikenal sebagai salah satu ramuan ayurveda, dengan manfaatnya untuk berbagai kondisi kesehatan. Bahan ini juga sering digunakan untuk banyak pengobatan tradisional di rumah.

Dilansir Pinkvilla, Rabu (22/1), tulsi yang memiliki nama latin ocimum tenuiflorum dapat ditambahkan sebagai ramuan dalam teh Anda. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa teh tidak hanya dapat memberikan sensasi kesegaran, namun juga bisa membantu meredakan rasa tegang. Masing-masing orang menyukai jenis teh yang berbeda.

Baca Juga

Beberapa orang cenderung menyukai teh hitam, sementara yang lainnya bisa menyukai teh masala. Tulsi, sebagai salah satu ramuan yang dianggap tradisional di India dan kemudian banyak digunakan sebagai pelengkap hidangan di seluruh dunia telah dikenal dengan manfaat kesehatan dan dapat mengobati beberapa penyakit.

Tulsi mengandung antioksidan dan dapat melindungi jaringan tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Terdapat beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi teh tulsi, yang dirangkum sebagai berikut:

Membantu redakan gangguan pernapasan

Tulsi ditambahkan ke teh dapat membantu dengan beberapa penyakit pernasapan seperti pilek, batuk, bronkitis, dan asma. Ini juga mengandung manfaat yang membantu meredakan batuk dan membantu mengeluarkan dahak, yang memberikan bantuan dalam sistem pernapasan.

Membantu atasi stres

Beberapa penelitian menemukan teh tulsi membantu menjaga kadar hormoni kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres dalam tubuh. Menghirup aroma teh tulsi bahkan dapat menurunkan kortisol dan membantu Anda bebas stres, serta meredakan berbagai gejala depresi, seperti kecemasan.

Membantu kendalikan kadar gula darah

Teh tulsi membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Mengkonsumsi teh tulsi setiap hari, akan membantu metabolisme karbohidrat dan lemak, serta akan memastikan bahwa gula dalam darah dapat digunakan untuk energi.

Baik untuk kesehatan mulut

Tulsi memiliki zat antimikroba, yang membantu melawan bakteri dan kuman berbahaya di mulut. Ini juga dapat menjadi penyegar mulut dan membantu menjaga Anda terbebas dari bau mulut.

Arthritis

Arthritis atau kondisi peradangan pada sendi yang menyebabkan nyeri dapat dihindari dengan mengkonsumsi tulsi. Menurut penelitian, Eugenol. konstituen minyak di tulsi memiliki efek anti-inflamasi pada sendi dan saluran pencernaan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement