Selasa 14 Jan 2020 12:21 WIB

Memilih Pengharum Ruangan dari Bahan Alami

Bahan-bahan alami paling tepat digunakan untuk pengharum ruangan alami.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Bahan-bahan alami memang tepat digunakan sebagai pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara (Ilustrasi Ruang Tamu)
Foto: Wikipedia
Bahan-bahan alami memang tepat digunakan sebagai pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara (Ilustrasi Ruang Tamu)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Udara di rumah sering kali tidak seperti yang diharapkan, baik karena asap pembakaran sesuatu ataupun bau dari masakan. Ada banyak aroma untuk menyegarkan udara di rumah, seperti sepotong pai apel buatan sendiri atau buket bunga yang baru dipetik.

Bahan-bahan alami memang tepat digunakan sebagai pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara. Berikut cara menyegarkan rumah dengan bahan-bahan alami, seperti dilansir laman FamilyHandyman, Selasa (14/1).

Baca Juga

 

Pomander

Pomander dapat menjadi penyegar udara alami yang bisa dibuat dengan mudah. Caranya yaitu menusuk buah jeruk dengan tangkai cengkeh, dan ditambah kayu manis dan pala. Gantung bola pomander ini di lemari untuk menangkal udara tidak sedap. Pewangi alami ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruangan ataupun mobil.

 

Minyak Atsiri

Selain mengisi diffuser dengan aroma favorit  untuk menyegarkan rumah, minyak berbau manis Atsiri juga bisa memberikan banyak manfaat. Tutup jepitan kayu dengan beberapa tetes minyak esensial, lalu jepitkan ke ventilasi udara mobil untuk menghasilkan aroma yang lebih segar dan lebih menyenangkan di kendaraan. Minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk memasak.

Baking Soda

Baking sodar juga cocok untuk menutupi bau. Dengan satu sendok makan soda kue dapat dijadikan semprotan penyegar udara. Campurkan baking soda dengan air dalam botol semprotan kecil. Soda kue mungkin tidak memiliki aroma seperti parfum, tetapi akan menyerap bau yang tidak diinginkan bahkan bisa membuatnya hilang sepenuhnya.

 

Kopi

Baik  membuat kopi sendiri atau menikmatinya saat sedang jalan-jalan di luar, manfaat kopi memang tidak dapat disangkal lagi. Ya, kopi juga berfungsi sebagai penyegar udara alami buatan rumah. Jika ruangan berbau, coba simpan semangkuk kopi yang baru ditumbuk di sekitar area berbau. Pastikan untuk meletakkan mangkuk secara strategis, seperti di atas ventilasi lantai sehingga aromanya bergerak lebih cepat ke seluruh ruangan. Aroma bubuk kopi akan menghalangi bau tidak sedap.

photo
Kopi (Ilustrasi)

 

Cuka

Cuka adalah cairan yang dimasukkan tidak hanya akan menghilangkan aroma tidak sedap, tetapi juga menjaga udara sebersih mungkin. Tempatkan cuka dalam cangkir atau mangkuk, biarkan selama beberapa jam di area yang terkontaminasi. Asam asetat akan mendisinfeksi udara dan menghilangkan bakteri sambil menghilangkan bau busuk yang mencoba bertahan.

Tanaman Rumah

Menyimpan bunga segar di setiap kamar tentu akan menambah aroma menyenangkan di rumah. Sementara karangan bunga mungkin memiliki harga lumayan, cobalah opsi yang lebih hemat biaya dengan menggunakan beberapa tanaman rumah yang wangi, seperti melati atau lavender, mint atau rosemary.

Lilin Alami

Lilin bisa mengurangi bau. Carilah varietas alami yang dibuat dari lebah, kelapa atau lilin kedelai - dan wangi dengan minyak esensial.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement