Jumat 10 Jan 2020 04:42 WIB

Abracadabra Ajak Penonton Bingung Berjamaah

Abracadabra sengaja membuat penonton bertanya-tanya dan membuat interpretasi sendiri.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Cuplikan film Abracadabra yang dibintangi aktor Reza Rahadian.
Foto: Youtube
Cuplikan film Abracadabra yang dibintangi aktor Reza Rahadian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagai penulis merangkap sutradara, Faozan Rizal, sengaja menjadikan penonton bertanya-tanya dan membuat interpretasi sendiri usai menyaksikan Abracadabra. Sinema yang dibintangi Reza Rahadian tersebut seolah mengajak penontonnya untuk bingung berjamaah dan membuat alur-alur sesuai bayangan sendiri.

“Walaupun penuh kebingungan, tapi intinya bagaimana kita harus percaya. Jadi mari kita rayakan kebingungan ini,” ungkap Faozan dalam video yang ditampilkan pada konferensi pers premier Abracadabra di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (8/1). Ia tak bisa hadir karena sedang berada di Berlin, Jerman.

Baca Juga

Film ini berkisah tentang Lukman (Reza Rahardian), seorang grandmaster yang sudah tidak percaya lagi pada keajaiban. Lukman berencana menampilkan pertunjukan gagal dan sekaligus ingin pamit dengan teman-temannya.

Lalu, di pertunjukkan pamungkasnya, Lukman menampilkan trik mudah dari kotak kayu peninggalan ayahnya kemudian memanggil satu orang penonton untuk masuk ke dalam kotak. Rencananya, ia akan sengaja menggagalkan sulapnya dengan membiarkan orang itu tetap berada dalam kotak.

Lukman tidak mengetahui bahwa kotak itu sebenarnya punya sejarah tidak bagus dan sempat dimiliki beberapa penyihir besar di masa lalu. Kerumitan mulai terjadi ketika penonton masuk ke dalam kotak ternyata menghilang dari kotak serta tidak kembali.

Lukman pun bingung karena tidak bisa mengembalikannya. Dalam perjalanan mencari cara mengembalikan penonton yang hilang, Lukman juga berusaha memecahkan sejarah kotak kayu tak bertuan itu.

Bagaimana kebingungan yang ditampilkan dalam Abracadabra? Sinema ini tayang sejak Kamis (9/1) di bioskop Indonesia.

Aktris senior Jajang C Noer mengaku langsung setuju untuk mengambil peran begitu mengetahui cerita Abracadabra berasal dari ide Faozan Rizal.

“Yang paling menarik di film ini, saya nggak pakai observasi, riset, langsung datang bergerak. Saya nggak tahu kenapa bisa mau nurut saja, langsung datang ke lokasi git,” kata Jajang yang hadir dalam konferensi pers premier Abracadabra.

Abracadabra adalah karya eksplorasi yang merupakan kerja sama Fourcolours Films dengan HOOQ, Ideosource Entertainment, dan Aurora Media. Bagi HOOQ, ini menjadi salah satu bukti komitmen HOOQ Indonesia dalam memajukan industri hiburan di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement