Ahad 05 Jan 2020 15:08 WIB

Ini Prediksi Tren Fashion 2020

Beberapa barang yang 'ngetren' di tahun lalu diprediksi tidak lagi dipakai tahun ini.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa barang yang tren di tahun lalu sebaiknya tidak lagi dipakai tahun ini (Ilustrasi barang dan aksesori fashion)
Foto: Piqsels
Ada beberapa barang yang tren di tahun lalu sebaiknya tidak lagi dipakai tahun ini (Ilustrasi barang dan aksesori fashion)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren tahun lalu mengangkat sejumlah mode dan fesyen lama yang sempat hit pada 90an atau awal 2000-an. Sepanjang 2019, banyak selebriti mengenakan aksesori, seperti scrunchies, kacamata hitam kecil, dan jepit rambut.

Dilansir melalui Insider, Ahad (5/1), ada beberapa barang yang tren di tahun lalu sebaiknya tidak lagi dipakai tahun ini. Berikut tren fesyen 2020 yang dirangkum dari para pesohor dunia oleh laman Insider.

Baca Juga

 

Dad Sneakers

Sepatu sneakers khas milik ayah yang menjadi populer lagi setelah Balenciaga merilis sepatu Triple S. Setelah populer di 2018, Dad Sneaker terus menjadi tren populer di 2019. Banyak selebriti sering memilih untuk memakai sepatu chunky untuk menggantikan sepatu hak tinggi. Akan tetapi stylist mode televisi Cindy Conroy mengatakan kepada Insider bahwa sepatu ini "sedang dalam perjalanan keluar", atau akan selesai masa populernya.

Setelan boiler

Banyak influencer dan selebriti mengenakan setelan boiler versi denim. Versi ini menghadirkan gaya tanpa lengan dengan turtleneck di bawahnya, dan bahkan setelan ketel longgar. Fesyen ini seperti penampilan Rihanna selama Paris Fashion Week.

Setelan ini sebenarnya sangat mudah untukdigunakan. Oleh sebab itulah, setelan ini menjadi populer. Sayangnya, tren ini sudah ketinggalan zaman.

Jepit rambut

Jepit rambut sangat digemari pada 2019 lalu. Salah satu penyebabnya, kata-kata yang dipakai sangat sesuai dengan suasana hati si pemakai.  Pada 2019 lalu, merek-merek kelas atas bahkan merilis versi untuk mereka yang ingin memamerkan aksesori mahal mereka. Akan tetapi sekarang saatnya meninggalkan tren di masa lalu itu.

photo
Tie Dye shirts

 

Tie-dye

Lyst, sebuah platform pencarian mode global, mengatakan bahwa tie-dye adalah salah satu kata kunci pencarian yang tumbuh paling cepat pada 2019i. Demikian Harper's Bazaar melaporkan pada Juni lalu.

Merek-merek fesyen besar seperti Prada, Proenza Schouler, dan Stella McCartney menunjukkan koleksi yang penuh dengan bahan pewarna. Akan etapi mengingat bahwa tidak terlalu banyak orang yang terlihat mengenakan tren baru-baru ini, kemungkinan itu tidak akan kembali pada tahun 2020.

 

Celana pendek Biker

Celana pendek Biker menjadi terlalu populer berkat keluarga Kardashian, dan sangat populer di tahun 90-an. Akan tetapi, setelah Kim Kardashian West dan saudara-saudaranya yang lain mulai memakainya lagi, celana itu menjadi populer lagi pada 2019 lali.

Meskipun tren celana itu menjadi sangat cepat menyebar pada 2019, namun ternyata tren memudarnya sangat cepat. Oleh sebab itu, jangan berharap untuk melihatnya pada tahun 2020.

Warna neon

Singkirkan baju dengan warna neon yang dipakai head-to-toe. Pada 2018 dan 2019, tren menggunakan pakaian dengan warna neon sangat meningkat. Pada 2019, tren ini pun menjadi populer. Tren ini juga dilakukan oleh selebriti seperti Jennifer Lopez dan Kylie Jenner. Namun, tak lama, mereka lalu beralih ke warna netral.

 

photo
bamboo bags

 

Tas bambu

Hampir semua influencer pada 2019 lalu menggunakan tren tas bambu. Tas ini muncul dimana-mana, baik dengan warna pink, putih, atau bambu alami. Akan tetapi, tas itu tidak mudah dipakai. Sempitnya ukuran tas membuat tas itu akan ditinggalkan, dan kemungkinan tidak akan muncul pada 2020.

Sepatu high heels PVC

Ketika Kanye West merilis sandal YeezyPVC-nya, sepatu itu menjadi sepatu yang diperuntukkan bagi selebritas. Kegilaan dengan sepatu hak yang jernih dan transparan ini berlanjut dengan pelepasan bagal, sandal jepit, dan sepatu bot.

Sekarang orang telah menyadari betapa tidak nyaman memakainya. Hal itu membuat kemungkinan besar tren itu tidak akan muncul pada 2020 mendatang.

Scrunchie atau ikat rambut

Scrunchies menjadi populer kembali, dan banyak orang memilih untuk memakainya sebagai gelang. Jason Momoa dan Dakota Johnson sama-sama memakai tren scrunchie pada 2019. Scrunchies juga ada di pergelangan tangan setiap gadis VSCO pada 2019. Akan tetap, tren ini diprediksi akan memudar pada 2020 seiring dengan tren internet remaja mengenai ini menjadi memudar.

Kacamata hitam kecil

Kacamata hitam kecil semakin populer pada 2019.  Padahal, kacamata hitam tidak melindungi mata dari apa pun. Oleh karena tak terlalu berfungsi, kemungkinan tren kacamata hitam kecil tidak ada lagi pada 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement