Ahad 05 Jan 2020 08:51 WIB

Musisi Papan Atas Bakal Ramaikan Festival Pamalayu Sumbar

Musisi yang tergabung dalam 'Sound of Borobudur' ini tampilkan alat musik lampau.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nora Azizah
Gitaris terbaik Indonesia Dewa Budjana, merupakan salah satu musisi yang akan tampil di acara puncak Festival Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya pada Senin (6/1) malam
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Gitaris terbaik Indonesia Dewa Budjana, merupakan salah satu musisi yang akan tampil di acara puncak Festival Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya pada Senin (6/1) malam

REPUBLIKA.CO.ID, PULAU PUNJUNG -- Gitaris terbaik Indonesia Dewa Budjana, penyanyi senior Trie Utami dan Komposer senior Purwa Caraka akan tampil di acara puncak Festival Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya pada Senin (6/1) malam WIB besok. Mereka akan tampil di di Candi Padang Roco, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat bersama 12 musisi lainnya yang tergabung dalam 'Sound of Borobudur' yang akan menampilkan komposisi dari alat musik masa lalu.

"Sebagaimana Ekspedisi Pamalayu yang merupakan ekspedisi persahabatan,Sound of Borobudur datang ke Dharmasraya, untuk melakukan ikatan-ikatan kebudayaan. Kita beririsan secara peradaban. Karena memang kita bersaudara. Kita merupakan suatu tatanan besar," kata Trie Utami, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (5/1).

Baca Juga

Trie Utami menambahkan, mereka ingin menampilkan bunyian peradaban. Ia menyebut Borobudur punya banyak relief alat musik dan itu didominasi alat musik dawai. Saat acara nanti menurut Trie dawai-dawai dengan nuansa Borobudur tersebut akan dibawakan oleh pentolan band Gigi Dewa Budjana.

"Karena beliau (Budjana) gitaris yang bekerja sama dengan banyak sekali musisi kelas dunia, gitaris-gitaris kelas dunia. Tapi, beliau tidak pernah lupa untuk melakukan perilaku budayanya sebagai orang Bali, orang Nusantara," ucap Trie Utami.

Dalam kesempatan yang sama, Budjana menyebut penampilan Sound of Borobudur di Dharmasraya besok merupakan konser perdana dari album yang belum mereka edarkan. Karena itulah, Budjana berterima kasih kepada Pemkab Dharmasraya karena telah memberi kesempatan musisi-musisi Sound of Borobudur untuk berkumpul dan manggung bersama.

Selain Trie Utami dan Dewa Budjana, sejumlah musisi senior juga bergabung di Sound of Borobudur. Seperti Bintang Indrianto, Herwan Wiradireja, Mochamad Saatsyah, Jalu Gatot Pratidina, Victor Parulian, Dunung Basuki, Fariz Alawan, Taufan Irianto, Aktivano Cristian, Chaka Priambudi, Agusto Andreas dan Eko Suprianto.

"Kami berterima kasih, akhirnya kami bisa berkumpul, tampil pertama kali tanggal 6 malam ini. Jadi ini penampilan perdana dari album yang belum beredar, sebenarnya," ucap Budjana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement