Ahad 05 Jan 2020 08:27 WIB

Mengenal Buah Amla dan Manfaat yang Dikandungnya

Buah amla asal India sering diremehkan dan dibiarkan begitu saja.

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah
Gooseberry India atau dikenal dengan buah amla sering kali diremehkan dan dibiarkan begitu saja (Foto Buah Amla atau Malaka)
Foto: Pixabay
Gooseberry India atau dikenal dengan buah amla sering kali diremehkan dan dibiarkan begitu saja (Foto Buah Amla atau Malaka)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gooseberry India atau dikenal dengan buah amla sering kali diremehkan dan dibiarkan begitu saja. Memang, mencari amla di supermarket memang sulit, termasuk di Indonesia.

Amla tidak seperti alpukat yang bisa dibeli di pasar tradisional. Namun di balik itu semua, amla atau buah malaka ini ternyata memiliki sejumlah khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga

Dilansir melalui healthshot, Ahad (5/1), amla memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah baik dari jenis buah lainnya.

 

Menyehatkan kulit

Gunakan amla diwajah untuk mendapatkan kulit bercahaya. Sesuai dengan data makanan dalam situs web Departemen Pertanian AS merekomendasikan, untuk mengonsumsi secangkir amla setiap hari karena memiliki kandungan 46 persen  vitamin C.

Semua mengetahui bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang kuat untuk kulit. Vitamin C juga bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga menghasilkan kulit yang sehat serta wajah yang cerah dan bercahaya.

 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut database dari PubMed Central, kandungan flavonoid dalam amla mampu menguatkan jantung, stroke, dan infeksi virus.

Bahkan, amla juga mengandung anthocyanin, senyawa yang mampu memperkuat penglihatan serta kesehatan saluran kemih, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan asam organik dalam amla mampu bertanggung jawab atas rasa masam dan asamnya yang dapat mencegah penyakit Alzheimer dan mengurangi risiko stroke jantung.

 

photo
Buah amla memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh (Foto minyak buah amla)

 

Mengontrol kadar gula dalam darah

Menurut beberapa penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition, serat dan kandungan asam klorogenat dalam amla dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga mampu mencegah kenaikan kadar gula yang tinggi dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.

 

Melindungi sel-sel otak

Kandungan asam organik atau asam sitrat dalam amla mampu melindungi sel-sel otak yang rentan terhadap kerusakan oleh radikal bebas dalam tubuh, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di School of Psychology and Psychiatry, Monash University, Clayton, Australia. Mengonsumsi amla merupakan cara efektif untuk mengurangi risiko Alzheimer serta penyakit terkait otak lainnya.

 

Penurunan berat badan

Kaya serat dan rendah kalori, amla mampu membuat perut terasa kenyang dan menghilangkan nafsu makan sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Loughborough University, Leicestershire, makan berry seperti gooseberry India atau amla membuat orang lebih sedikit mengonumsi kalori setiap harinya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement