Jumat 03 Jan 2020 05:30 WIB

Tip Diet Sederhana dan Sehat Jelang Hari Pernikahan

Diet dengan nutrisi seimbang membantu tubuh tetap bugar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Tips Diet Sederhana dan Sehat Jelang Hari Pernikahan. Diet Sehat (Ilustrasi)
Foto: Flickr
Tips Diet Sederhana dan Sehat Jelang Hari Pernikahan. Diet Sehat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Baik perempuan maupun laki-laki tentunya ingin tampil baik di hari pernikahannya. Selain dekorasi, makanan, dan undangan tamu, para pengantin biasanya memiliki persiapan agar tetap sehat dan bercahaya di hari penting nanti.

Cara sederhana untuk memulai persiapan pernikahan adalah dengan rencana diet 30 hari. Hal tersebut disarankan oleh pendiri dan direktur Srauta Wellness, Praveshh Gaur.

Baca Juga

“Ketika merencanakan diet, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang akan membantu Anda mencapai hasil yang bagus untuk kulit yang sehat dan bercahaya, serta tubuh yang lebih bugar. Perubahan diet harus kuat dan menarik pada saat bersamaan,” kata Gaur, seperti yang dilansir di Indian Express, Kamis (2/1).

Diet seimbang yang terdiri dari nutrisi dalam proporsi yang tepat akan membantu tubuh tetap bugar dan menurunkan berat badan tanpa banyak usaha. Jaga agar karbohidrat tetap minimum, hindari produk susu, tambahkan setidaknya lima porsi buah dan sayuran segar, termasuk protein tanpa lemak dan produk yang kaya vitamin E dan serat.

Perhatikan apa yang dimakan. Buat upaya sadar untuk melacak semua yang dimakan. Anda dapat dengan mudah membuat jurnal untuk rencana diet dan ikuti itu. Alih-alih melewatkan makan, makanlah yang dengan porsi lebih kecil.

Tidak ada diet ketat. Membuat perubahan mendadak pada diet dalam bentuk diet ketat mungkin tampak seperti ide yang menggoda. Namun, waspada terhadap jebakan tersebut. Diet buruk dapat menghilangkan nutrisi penting bagi tubuh. Meskipun berat badan turun, itu akan membuat kulit terlihat kusam.

Hindari gula dan makanan olahan. Untuk hasil jangka panjang, hindari makanan yang dikemas dan makanan siap saji tinggi gula, karbohidrat, dan natrium.

Ini hanya akan mendatangkan malapetaka pada tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan peningkatan kadar gula darah. Dianjurkan untuk memilih sumber gula alami dan camilan sehat, seperti kacang-kacangan dan buah kering.

Hindari kafein dan alkohol. Alkohol menyebabkan kembung, sedangkan kafein mengalami dehidrasi. Tidak memiliki dua hal ini di pola makan, kulit akan terasa jauh lebih sehat.

Hidrasi tubuh. Minumlah banyak air untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Air putih, air kelapa, air jeruk nipis dan jus buah alami sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan juga untuk membersihkan tubuh.

Seiring dengan rencana diet 30 hari, lengkapi dengan setidaknya 30 menit berolahraga. Tambahkan beberapa sesi yoga, maka Anda akan merasa lebih berenergi dan bercahaya pada hari pernikahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement