Rabu 01 Jan 2020 00:51 WIB

Resolusi Tahun Baru Sering Gagal? Coba 5 Cara Ini

Merealisasikan dan mempertahankan resolusi memang tak mudah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nur Aini
Tahun Baru/ilustrasi
Foto: EPA
Tahun Baru/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit orang yang bersemangat menyambut tahun baru dengan beragam resolusi positif. Sayangnya, tak banyak yang bisa merealisasi dan mempertahankan resolusi tersebut dalam jangka panjang.

Merealisasikan dan mempertahankan sebuah resolusi memang tak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Berikut ini adalah lima hal yang bisa dilakukan agar resolusi tahun baru bisa bertahan lama, seperti dilansir RTE.

Baca Juga

Perlahan

Banyak orang yang merasa gagal bila tidak berhasil mencapai resolusi mereka dalam beberapa minggu. Padahal, mewujudkan sebuah resolusi bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan terburu-buru.

Seseorang yang memiliki resolusi tahun baru untuk berhenti meminum minuman bersoda misalnya, tak harus langsung memangkas total konsumsi minuman bersoda. Dari yang semula misalnya meminum beberapa kaleng minuman bersoda dalam satu hari menjadi satu kaleng per hari selama Januari. Lalu berubah menjadi satu kaleng per minggu selama Februari dan terus dikurangi hingga akhirnya mencapai target.

Realistis

Resolusi seperti diet ketat atau olahraga dengan frekuensi yang tinggi mungkin akan cukup mudah dilakukan selama libur tahun baru. Akan tetapi, resolusi yang ambisius akan cenderung sulit direalisasikan ketika seseorang sudah kembali pada rutinitas sehari-hari.

Oleh karena itu, pastikan resolusi yang dibuat tak hanya dipengaruhi oleh euforia sesaat tetapi juga mempertimbangkan kondisi sehari-hari yang akan dijalani. Pertimbangkan rencana untuk bisa merealisasikan resolusi yang dibuat dari hari ke hari sepanjang tahun.

Hadiahi Diri Sendiri

Membuat suatu target atau resolusi dapat memberikan perasaan senang. Namun, akan lebih terasa menyenangkan bila ada hadiah yang bisa didapatkan setelah resolusi tercapai. Menghadiahi diri sendiri bila mencapai suatu target tentu akan membuat proses mencapai resolusi terasa lebih menyenangkan.

Gunakan Aplikasi

Ada banyak aplikasi seru yang dapat membantu merekam kemajuan atau progress resolusi tahun baru. Aplikasi fitness tracker misalnya, dapat membantu penggunanya untuk memantau pola olahraga agar tetap sesuai target. Aplikasi Goodreads juga dapat membantu orang-orang yang memiliki resolusi membaca lebih banyak untuk memantau seberapa banyak buku yang telah mereka baca.

Pilih Waktu

Resolusi tak harus langsung dilaksanakan sesaat setelah memasuki tahun baru. Alasannya, masa libur Natal dan tahun baru biasanya banyak diramaikan oleh berbagai kegiatan sehingga sulit bagi seseorang untuk langsung menjalankan resolusi tahun barunya. Pilih dengan seksama kapan waktu yang paling tepat untuk mulai mewujudkan resolusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement