Sabtu 28 Dec 2019 15:05 WIB

Kate Middleton Puji Peran Bidan

Bagi Kate, bidan adalah pekerjaan di belakang layar yang jauh dari sorotan.

Rep: Umi Nur Fadhilah / Gumanti Awaliyah / Red: Esthi Maharani
Kate Middleton.
Foto: EPA
Kate Middleton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Duchess of Combridge menulis surat terbuka kepada bidan-bidan di Inggris. Dia memuji pekerjaan mereka di belakang layar untuk mendukung para wanita.

Untuk menghormati Tahun Perawat dan Bidan Internasional yang berlangsung pada 2020, Kate Middleton menulis tentang peran bidan. Kate juga mengingat kunjungannya ke unit bersalin Rumah Sakit (RS) Kingston pada November lalu.

“Anda ada di sana untuk wanita yang paling rentan. Anda menyaksikan kekuatan, rasa sakit, dan kegembiraan yang tak terbayangkan setiap hari,” tulis ibu tiga anak itu dilansir di Independent.co.uk Sabtu (28/12).

Bagi Kate, bidan adalah pekerjaan di belakang layar yang jauh dari sorotan. Namun, dia mengaku beruntung bisa menyaksikannya “buah” dari tangan-tangan bidan saat mengunjungi unit bersalin RS Kingston. Bersama dengan surat itu, Istana Kensington merilis empat foto baru Duchess saat mengunjungi RS Kingston. Kate menghabiskan waktu di bangsal pascakelahiran. Kate juga sempat mengikuti aktivitas harian para bidan selama di RS dan kamar inap.

Kate mengatakan kunjungannya itu bukan kali pertama dia bertemu dengan bidan-bidan. Namun, sejak itu, dia mendapat pemahaman lebih luas tentang dampak bidan pada kebahagiaan masa depan anak, serta membangun rasa percaya diri orang tua.

“Bahkan sebelum kita dilahirkan, kesehatan fisik dan emosi ibu secara langsung memengaruhi perkembangan kita, dan pada usia lima tahun, otak seorang anak telah berkembang hingga 90 persen dari ukuran dewasa,” ujar Kate.

“Karena itu, peranmu di awal periode ini sangat penting,” tulis Kate.

Dia mengakhiri suratnya dengan mengutip Florence Nightingale, mengingat bahwa peringatan 200 tahun kelahirannya akan dirayakan pada tahun depan.

“Anda tidak meminta pujian atau pengakuan, tetapi sebaliknya, melanjutkan pekerjaan menakjubkan dengan membawa kehidupan baru ke dunia kita. Anda terus menunjukkan bawah terlepas dari penguasaan teknis dan kemajuan kedokteran modern, itu adalah hubungan manusia dengan manusia dan tindakan kebaikan sederhana yang terkadang paling berarti. Jadi, ketika kita melihat masa depan, saya ingin mengucapkan terima kasih atas semua yang Anda lakukan. Suatu kehormatan belajar dari Anda sejauh ini, dan saya berharap untuk bertemu dan belajar lebih banyak dari Anda pada tahun-tahun mendatang, dan beberapa dekade.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement