Sabtu 28 Dec 2019 07:31 WIB

Ahli Temukan Trik Jalani Masa Tua Terbaik

Anda harus lebih cerdas memilih olahraga yang cocok dengan kondisi tubuh.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Ilustrasi lansia
Foto: Flickr
Ilustrasi lansia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dr. Frank Lipman merupakan seorang penulis lima buku terlaris di New York. Ia juga salah satu perintis dalam bidang kedokteran fungsional dan integratif.

Baru-baru ini, Lipman berbagi pemikirannya --bukan melalui jurnal-- mengenai penuaan kesehatan yang menyebar ke beberapa aspek. Salah satunya bagaimana cara Anda mencapai masa tua yang terbaik.

Yang mengejutkan, ternyata faktanya tidak semudah itu untuk mendapatkan masa tua yang baik. "Pada dasarnya, kurangi makan, lebih banyak tertawa, atasi stresmu, tidurlah dengan serius. Apa lagi yang penting?" Lipman berkata dalam podcast baru-baru ini, dikutip dari MedicalDaily, beberapa waktu lalu.

Lipman terpersona dengan upaya yang telah orang banyak lakukan untuk memperpanjang kesehatannya, namun bukan untuk memperpanjang hidup kita. Maka dari itu, Lipman berkomentar mengenai hal itu dan berbagi tips menurutnya. Apa saja?

Kesulitan fisik adalah jalan yang harus ditempuh

Menurut Dr. Lipman, sedikit stres sebenarnya baik untuk Anda. Stres yang dialami, akan membuat tekanan dalam diri, seperti puasa dan olahraga dengan intensitas tinggi. Di saat itulah tubuh Anda akan merangsang gen umur panjang.

Kondisi tersebut akan mengajarkan tubuh Anda mengatasi stres dengan lebih baik. Tapi, janganlah Anda sengaja membuat diri Anda kelaparan ya.

Bergeraklah dengan sengaja

Meskipun olahraga merupakan ide bagus untuk bergerak dengan sengaja, tetapi ini bukan hanya soal itu. Dr. Lipman mengatakan, ini tentang olahraga yang baik dan cerdas. Maksudnya, Anda harus lebih cerdas memilih olahraga mana yang cocok untuk Anda lakukan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Kuncinya, menurut dr. Lipman, olahraga dengan cerdas artinya Anda mendorong tubuh dengan cara yang disengaja namun memperhatikan risiko cedera. Semakin sulit untuk pulih seiring bertambahnya usia, maka penting untuk mengubah cara Anda melakukan rutinitas agar lebih sesuai dengan tubuh Anda.

Jangan menganggap hidup terlalu serius

Saran terakhir, menurut Dr. Lipman, Anda tidak perlu menganggap hidup terlalu serius dan bersenang-senang. Saat ini, semua orang terlalu sibuk dengan angka dan metrik sehingga mudah melupakan bagaimana menikmati hal-hal saat kita sedang melakukannya. Makan lebih sedikit dan lebih banyak tertawalah, hidup Anda akan semakin baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement