Sabtu 28 Dec 2019 04:16 WIB

Danau Matahari Bulan Surga Bagi Pecinta Sepeda

Danau Matahari Bulan di Taiwan adalah salah satu tempat terindah untuk bersepeda

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Danau Matahari Bulan di Taiwan adalah salah satu tempat terindah untuk bersepeda.
Foto: EPA
Danau Matahari Bulan di Taiwan adalah salah satu tempat terindah untuk bersepeda.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIWAN -- Bagi para pecinta gowes, Danau Matahari Bulan di Taiwan bisa jadi adalah salah satu tempat terindah. Mereka bisa bersepeda santai mengelilingi danau yang juga kerap disebut dengan Sun Moon Lake.

Lintasan sepeda dan pejalan kaki memiliki panjang sekitar 30 kilometer. Lintasan dikelilingi pemandangan gunung, air danau, dan kabut tebal yang menyerupai lukisan.

Baca Juga

Lintasan sepanjang itu biasanya dapat selesai ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam. Namun tentu saja akan lebih lama jika pesepeda ingin singgah ke tempat-tempat menarik.

Di sepanjang lintasan, pesepda bisa berhenti sejenak mampir antara lain ke kuil-kuil berumur puluhan tahun Xuanguang dan Wenwu, dermaga Shuishe dan Xanguang, Paper Dome, Pagoda Ci'en, dan Gunung Qinglong. Saluran televisi Amerika CNN pada 2012 menyebut Sun Moon Lake sebagai salah satu dari 10 jalur sepeda terindah di dunia.

Danau ini terletak di Desa Yuchi di Kabupaten Nantou, Taiwan bagian tengah. Sun Moon Lake berada pada ketinggian 748 meter di atas permukaan laut.

Biro Pariwisata Taiwan menyebut Sun Moon Lake sebagai danau terindah di Taiwan. Keindahan danau terbesar Taiwan itu bisa dinikmati dari berbagai sudut.

Pemandu wisata Sun Moon Lake, Chen Yong-Yu, menerangkan bahwa dari sisi yang satu danau tersebut terlihat seperti matahari sementara dari sisi lainnya terlihat seperti bulan. "Dari situlah namanya tercipta menjadi Danau Matahari Bulan," katanya.

Selain dengan berjalan kaki atau bersepeda di sekelilingnya, panorama Sun Moon Lake juga bisa dinikmati sambil berkeliling danau dengan perahu atau dari atas, menggunakan kereta gantung.

Sun Moon Lake bisa dengan mudah dicapai dengan menggunakan kereta api super cepat (HSR) ke Kota Taichung. Dari Taipei, ibu kota Taiwan, misalnya, perjalanan menuju stasiun HSR di Taichung hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Dari terminal di dekat stasiun HSR di Taichung, para pelancong kemudian bisa naik bus yang akan membawa mereka ke Danau Matahari Bulan dengan perjalanan kurang dari dua jam. Bus tersebut berangkat dari terminal HSR Taichung setiap 15 menit.

Untuk bersepeda mengitari Danau Matahari Bulan, pengunjung tidak akan mengalami kesulitan karena di sekitar danau bertebaran toko-toko penyewaan sepeda. Tempat penyewaan sepeda yang kerap disebut antara lain Giant Shuishe, SongMeng, Merida Zhongxing, Xiangshan, Sun Moon Lake Center, dan Songmeng Bikes.

Harga sewa satu sepeda di toko yang satu dan lainnya hampir sama. Songmeng Bikes misalnya, mematok harga 180 dolar Taiwan (sekitar Rp 83ribu) untuk penggunaan selama tiga jam. Sepeda juga disediakan bagi para tamu yang menginap di hotel-hotel sekitar Sun Moon Lake.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement