Kamis 26 Dec 2019 06:40 WIB

Ini Dia 10 Destinasi Favorit di Sumenep

Sumenep menyajikan wisata pantai, gili, hingga wisata religi dan sejarah.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

CEKNRICEK.COM -- Berada paling timur di pulau Madura dengan hamparan pulau-pulau kecil, destinasi wisata di Kabupaten Sumenep terbilang lengkap. Anda bisa berkunjung mulai dari pantai, gili, hingga wisata religi dan sejarah.

Tempat ini punya sejuta pesona dan potensi wisata yang luar biasa. Beberapa di antaranya sudah terkenal, tetapi ada juga yang hanya diketahui oleh warga lokal.

Berikut ini 10 tempat wisata yang bisa jadi rujukan kala berwisata ke Sumenep.

1. Pulau Giliyang

Tak hanya indah, pulau ini juga merupakan tempat dengan kadar oksigen terbaik di dunia. Selain udaranya yang bersih dan segar, tempat ini juga memiliki pantai dengan pasir putih yang indah.

2. Gili Labak

Air yang sangat jernih menjadi daya tarik kuat dari pulau ini. Di sana kita bisa menikmati wisata pasir putih, terumbu karang yang masih alami, serta air yang jernih dan tenang.

Sumber: Istimewa

3. Gili Genting

Di pulau ini ada pantai yang sangat terkenal, bernama Pantai Sembilan. Pantai ini membentuk angka sembilan ketika dilihat dari atas. Pasirnya luar biasa indah. Jadi, sayang kalau sampai dilewatkan.

Baca Juga: 4 Destinasi Road Trip di Indonesia yang Bikin Liburan Makin Seru

4. Pulau Sapeken

Masih seputar wisata pulau. Kepulauan Sapeken terletak di bagian paling timur Jawa Timur. Uniknya, penduduk pulau ini sehari-harinya berbicara dengan menggunakan bahasa Sulawesi.

5. Pantai Lombang

Sumber: Istimewa

Pemandangan menakjubkan disajikan Pantai Lombang yang ada di Kecamatan Batang. Deretan pohon cemara bersatu dengan pasir putih dan air laut yang jernih merupakan pemandangan indah untuk disaksikan.

6. Pantai Ambunten

Pantai di Desa Ambunten ini memiliki bebatuan karang dengan ukuran besar yang terdampar di sepanjang pantainya. Menikmati pemandangan sambil merasakan deburan ombak yang tenang akan membuat hati jadi tenang.

Sumber: Istimewa

7. Bukit Kapur Kombang

Tempat ini dulunya merupakan tambang yang kini sudah tidak difungsikan lagi. Dinding-dindingnya yang menyerupai kastil kuno di Eropa merupakan daya tarik Bukit Kapur Kombang.

8. Taman Adipura Kota Sumenep

Di Sumenep, ada taman yang lokasinya di kawasan perkotaan. Taman ini berfungsi dengan baik sebagai paru-paru kota. Di tempat ini, pengunjung bisa duduk santai dan bercengkrama dengan orang lain.

9. Masjid Agung Sumenep

Bagi yang suka wisata religi, pastikan untuk mengunjungi Masjid Agung Sumenep. Penduduk di Sumenep mayoritas beragama Islam. Ada banyak bangunan masjid di sana, dan salah satunya adalah Masjid Agung Sumenep yang lokasinya di daerah paling timur Madura. Posisinya menghadap alun-alun kota Sumenep.

Sumber: Istimewa

10. Museum Keraton Sumenep

Tempat ini bisa menjawab keingintahuan Anda tentang sejarah Sumenep. Koleksinya pun cukup banyak, seperti benda-benda yang dipakai pada masa Kerajaan Sumenep. Jarak museum ini hanya 100 meter dari Taman Adipura.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement