Jumat 20 Dec 2019 13:29 WIB

Skandal Panas Fox News di Film Drama Bombshell

Skandal pelecehan seksual di Fox News diangkat ke layar perak lewat Bombshell.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan film Bombshell.
Foto: Dok Lionsgate
Adegan film Bombshell.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinema drama Bombshell segera tayang di bioskop Indonesia. Film memvisualkan skandal terbesar Fox News dan Fox Television Stations, yakni pelecehan seksual yang dilakukan sang mantan CEO, Roger Ailes.

Fokus cerita ada pada tiga tokoh utama, Megyn Kelly (Charlize Theron), Gretchen Carlson (Nicole Kidman), dan Kayla (Margot Robbie). Tanpa saling mengetahui, mereka pernah dilecehkan oleh Ailes (John Lithgow).

Baca Juga

Gretchen adalah yang pertama mengakhiri kebungkaman. Tak lama setelah Ailes memecatnya tanpa alasan, pembaca berita itu mengajukan tuntutan hukum atas kasus pelecehan. Keberanian Gretchen membuat Megyn dan Kayla tergerak ikut bersuara.

photo
Adegan film Bombshell.

Bombshell cukup berani mengangkat topik mengenai kasus yang sensitif. Meski, kisah tiga awak media tersebut baru direncanakan produksinya setelah kematian sosok asli Ailes pada Mei 2017. Skandal yang dikisahkan memang bukan cerita fiktif.

Latar waktu dan tempat pada sejumlah adegan benar-benar disesuaikan dengan kejadian sesungguhnya. Akan tetapi, ada penambahan karakter untuk keperluan sinematik. Keterangan itu muncul pada narasi singkat di awal film.

photo
Adegan film Bombshell.

Dengan demikian, sinema tidak sepenuhnya akurat seperti kejadian aslinya beberapa tahun silam. Film untuk 17 tahun ke atas ini tetap mendapat tambahan bumbu drama, membuat alur cerita semakin kompleks.

Sutradara Jay Roach mengemas cerita selayaknya program berita televisi. Tidak ada ruang untuk hal-hal tak penting. Peralihan tiap adegan berlintasan cepat, dialog para pemeran amat lugas, serta konflik yang membuat penonton ikut berpikir.

Catatan untuk keseluruhan film adalah perihal akurasi serta kedalaman cerita. Film sekadar memotret skandal dan sebuah cerita bombastis dari permukaan saja, namun kurang menggali dari sisi ketiga korban yang dijadikan tokoh utama.

Laman ulasan film Rotten Tomatoes memberikan penilaian 65 persen untuk Bombshell per Jumat (20/12). Film menuai penerimaan beragam, sekaligus mendapat dua nominasi pada ajang Golden Globe Awards ke-77 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement