Kamis 05 Dec 2019 23:32 WIB

Menikmati Kesegaran Hidangan Apel di Washington Apple Week

Dalam menikmati makanan, konsumen zaman kini tak sekadar ingin bersantap saja, tapi mereka juga seringkali ingin mengetahui dari mana makanan tersebut berasal dan bagaimana produksinya.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

CEKNRICEK.COM -- Dalam menikmati makanan, konsumen zaman kini tak sekadar ingin bersantap saja, tapi mereka juga seringkali ingin mengetahui dari mana makanan tersebut berasal dan bagaimana produksinya. Karena itulah, Washington Apple Commission menyelenggarakan pekan apel Washington sedunia yang bertajuk “From Our Trees to Your Table” dari hari Minggu (1/12) sampai Jumat (6/12).

Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, Washington Apple Commission ingin berbagi cerita tentang proses keseluruhan dari buah apel Washington hingga bisa dikonsumsi masyarakat sebagai buah apel dengan kualitas yang baik.

"Dari bagaimana apel-apel berkualitas ini ditanam dengan penuh komitmen dan dedikasi oleh para petani kami, hingga bagaimana pengemasannya, sehingga kami bisa mengekspor buah kebanggaan ini ke lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia,” kata Todd Fryhover, President of Washington Apple Commission saat ditemui di FoodHall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (5/12). 

Untuk mengoptimalkan aktivitas edukasi dan menyebarkan inspirasi tentang pekan apel Washington, Washington Apple Commission mendapat dukungan dari para petani yang telah dipilih sebagai duta untuk program ini.

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Para duta petani tersebut dipilih berdasarkan rekomendasi dari sesama petani dan pencalonan diri. Delapan petani yang menjadi duta apel Washington adalah Andy Arnold, Carlos Lopez, John Freese, Jose Ramirez, Lindsey Morrison, Dave dan Karla Robison, serta James Foreman.

Baca Juga: Menikmati Kopi Desa Porelea, Hasil Fermentasi Kelelawar, Tikus, dan Tupai

Kedelapan duta tersebut dibagi menjadi beberapa regu dan setiap regu akan mengunjungi salah satu dari pasar utama, yaitu Meksiko, Asia Tenggara, dan India. Sementara duta yang mengunjungi Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Thailand, dan Vietnam, adalah John Freese dari Chelan Fruit dan Jose Ramirez dari Royal City. 

Mereka akan bertugas memberikan hadiah untuk display contest yang diselenggarakan, dan mempromosikan suguhan terbaru dari Washington Apple untuk pasar Indonesia. Suguhan yang dimaksud yaitu sebuah paket kombo, bertemu dengan distributor lokal, serta berpartisipasi dalam kegiatan bermisi perdagangan.

Dalam lawatannya, mereka juga berbagi kisah inspiratif tentang komitmen para petani apel Washington kepada publik, seperti peritel, dan konsumen. Mereka belajar dari pengalaman yang panjang selama bertahun-tahun, termasuk dalam mengatasi berbagai tantangan.

Dari pembelajaran tersebut, para duta petani berbagi edukasi tentang bagaimana menjaga keberlangsungan serta mengelola lahan pertanian dengan penuh dedikasi.

“Kami memiliki 1.260 petani. Namun, para petani tersebut memiliki keahlian dan kapasitas untuk memproduksi rata-rata 128 juta kotak apel setiap tahunnya. Dalam jumlah tersebut, mereka juga mampu memenuhi kebutuhan pasar yang luas. Tidak saja mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik Amerika Serikat, namun juga pasar internasional,” tutur Todd.

"Kami berharap, keberhasilan ini menginspirasi banyak pihak, termasuk dunia pertanian di Indonesia," tambahnya.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: ThomasRizal

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement