Sabtu 21 Dec 2019 14:04 WIB

Berikut Deretan Daftar Makanan Kaya Kalsium Tinggi

Buah Ara kaya kalsium dan merupakan makanan bergizi untuk dimasukkan dalam menu diet.

Keju merupakan salah satu makanan kaya kalsium tinggi.
Foto: Flickr
Keju merupakan salah satu makanan kaya kalsium tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin punya tulang, gigi, dan otot yang sehat? Cara terbaik adalah makan makanan kaya kalsium dalam diet Anda.

Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan Anda. Gigi dan tulang kita terbuat dari kalsium dan nutrisi ini memainkan peran yang sangat besar dalam kesehatan.

Untuk kesehatan yang baik, tubuh kita membutuhkan sejumlah kalsium setiap harinya. Namun, kebanyakan dari kita kehilangan hal itu. Padahal, kalsium adalah mineral yang dibutuhkan otot yang kuat untuk sistem saraf yang sehat.

Maka dari itu, kita semua perlu tahu makanan yang tepat untuk dimasukkan dalam makanan kita. Berikut adalah beberapa makanan yang kaya kalsium yang perlu kita sertakan dalam makanan sehari-hari, dirangkum dari Pinkvilla, beberapa waktu lalu.1.

1. Keju

Keju terbuat dari susu dan kaya kalsium. Anda boleh menyertakan keju yang banyak dalam makanan Anda, karena keju punya segudang manfaat lainnya. Meskipun memiliki sedikit lemak dan kalori, tetapi keju lebih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

2. Yoghurt

Yoghurt diperkaya dengan probiotik dan dikenal kaya akan protein dan mineral seperti kalsium, kalium, dan vitamin. Yoghurt memiliki kandungan kalsium tinggi dan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat tinggi dan juga kaya protein dan nutrisi lainnya seperti seng, folat, kalium, magnesium dan zat besi. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan kalsium tinggi dan sangat bagus untuk kesehatan Anda.

4. Almond

Almond dikenal baik untuk kesehatan otak dan memori. Mereka kaya mineral dan vitamin dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Mereka juga kaya kalsium yang bagus untuk ditambahkan ke dalam makanan diet Anda.

5. Buah Ara

Buah Ara ini berasal dari Asia Barat, mungkin Anda lebih mengenalnya dengan sebutan buah Tin. Buah ara kering memiliki kandungan serat tinggi dan kaya antioksidan serta mineral seperti vitamin K dan kalium. Ara juga kaya kalsium dan merupakan makanan bergizi untuk dimasukkan dalam diet Anda.

6. Susu

Susu dikenal kaya akan kalsium dan sangat baik untuk tulang, gigi, serta otot Anda. Produk susu juga merupakan sumber protein dan mineral.

Namun, susu juga memiliki kandungan laktosa dan banyak orang alergi terhadap susu. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mencoba memasukkan susu jenis lain seperti susu kedelai atau susu almond ke dalam makanan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement