Rabu 18 Dec 2019 06:10 WIB

3 Persiapan Mendasar untuk Libur Akhir Tahun

Pelancong perlu mempersiapkan diri agar libur akhir tahunnya sesuai rencana.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pelancong perlu mempersiapkan diri agar libur akhir tahunnya sesuai rencana.
Foto: Istimewa
Pelancong perlu mempersiapkan diri agar libur akhir tahunnya sesuai rencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak terasa, libur akhir tahun kian dekat saja. Agar liburan menjadi menyenangkan pilihan destinasi dan transportasi tentunya harus sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Lalu apa saja yang penting dipersiapkan agar libur akhir tahun menjadi spesial dan terencana? Chief Operating Officer Mister Aladin, Nitha Sudewo memberikan tips-nya.

Baca Juga

1. Perbanyak informasi

Menentukan destinasi yang pas untuk liburan akhir tahun bisa dibilang susah-susah gampang. Bisa jadi, destinasi impian tidak seiring dengan kondisi keuangan atau keuangan memadai tapi kesehatan tidak memungkinkan, dan segudang pertimbangan lainnya.

Nitha menyarankan agar wisatawan memperbnanyak informasi tentang destinasi pilihan yang cocok untuk mengisi libur akhir tahun. Selain melalui media sosial, informasi liburan juga bisa didapat dari acara travel fair maupun aplikasi biro perjalanan.

"Jadi mesti rajin-rajin cek sosial media deh pokoknya, terus pertimbangkan dengan keuangan. Kalau sudah berkeluarga, tentu sesuaikan juga," kata Nitha.

2. Segera beli tiket

Begitu menemukan destinasi yang cocok, segeralah beli tiket baik kereta api atau pesawat yang menjangkau destinasi. Menurut Nitha, membeli tiket jauh-jauh hari akan lebih menguntungkan karena harganya lebih murah.

"Sebenarnya sekarang beli, last minutes juga tidak jauh beda harganya. Cuma agar lebih terencana ya harus dari jauh-jauh hari, apalagi pas lagi banyak promo, kenapa tidak dimanfaatkan?" ujar dia.

3. Booking penginapan

Selain pesawat, yang tidak kalah penting untuk segera di-booking adalah hotel. Meski di beberapa kota atau negara populer ada banyak pilihan hotel, namun bukan berarti pelancong bisa menganggap enteng hal ini.

Selain pertimbangan harga yang lebih miring, memesan hotel sedari awal itu akan membuat liburan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Itu karena pilihan hotel masih sangat beragam. Turis pun bisa memilih hotel mana yang paling bagus dan cocok untuk dengan keinginan maupun bujet liburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement