Selasa 17 Dec 2019 02:27 WIB

Tip Melancong Bersama Teman Agar tidak Ribut Soal Uang

Buatlah waktu yang fleksibel ketika Anda hendak melancong dengan teman-teman.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Sejumlah wisatawan domestik menaiki perahu saat mereka berwisata di Danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali.
Foto: Antara
Sejumlah wisatawan domestik menaiki perahu saat mereka berwisata di Danau Beratan, Bedugul, Tabanan, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melancong bersama teman menjadi pilihan menarik di hari libur untuk melepas penat sehabis beraktivitas. Pergi bersama teman juga dapat membangun komunikasi yang baik dengan mereka.

Tapi, selain menyenangkan, ternyata melancong bersama teman bisa menimbulkan konflik. Seperti memiliki perbedaan bujet misalnya.

Uang bisa menjadi masalah utama di berbagai hal, termasuk jalan-jalan bersama teman. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk mengatasi perbedaan bujet tersebut.

Dilansir dari Huffpost, travel blogger dan ahli akan memberikan tipsnya untuk Anda.

1. Komunikasikan Sebelum Memulai Perjalanan

Seorang pembawa acara TV dan traveler Roamaroo, Collette Stohler, mengatakan komunikasi sangat penting ketika hendak bepergian bersama teman dengan budget yang berbeda.

“Sebelum memulai perjalanan, bicarakan dengan teman mengenai tentang budget, tujuan, ide selama perjalanan itu. Hal itu tentu akan mengurangi konflik yang akan bisa membuat perjalanan Anda tidak nyaman,” jelasnya.

2. Diskusikan Prioritas

Diskusi tentang apapun yang akan dilakukan saat perjalanan, menjadi hal yang sangat penting. Menurut Briona Lamback, blogger perjalanan dan pendiri biro perjalanan You Me Travel Co, hal tersebut bisa membuat kita mengetahui apa saja yang menjadi prioritas.

“Jadi bisa menentukan anggaran yang diperlukan Anda dan teman-teman, juga bisa membaginya ke dalam beberapa bagian seperti akomodasi dan transportasi,” jelas Briona Lamback.

3. Manfaatkan Yang Gratis

“Carilah kegiatan yang murah atau gratis. Ikut tur jalan kaki keliling kota, misalnya. Gunakan transportasi umum di sekitar atau berjalanlah,” saran Audrey Scott, ahli strategi pengembangan pariwisata dan salah satu pendiri Uncornered Market.

4. Bagikan Rencana Menginap

Christine Johnson, travel blogger My Traveller Kids mengatakan, berbagi tempat menginap menjadi salah satu tips untuk  menghemat budget Anda dan teman Anda.

"Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada tinggal di hotel yang sama dengan teman-teman. Jadi saya sering menawarkan hotel kepada teman-teman saya, sehingga kami dapat tinggal di tempat yang sama sambil tetap menikmati ruangan kami sendiri," ujarnya.

5. Jangan Takut Jika Sesekali Harus Berpisah

Tidak semua rencana perjalanan Anda disukai oleh teman-teman Anda. Maka dari itu, jangan takut jika sesekali Anda harus berpisah dengan teman-teman karena ingin melakukan sesuatu yang diinginkan masing-masing.

“Kita akan lebih stres jika memaksakan seseorang untuk ikut dengan perjalanan kita, bisa jadi mereka tidak suka. Apalagi jika kita memiliki perbedaan budget,” jelas Alex Reynolds, travel blogger Lost With Purpose.

6. Jadwalkan Waktu Luang

“Buatlah waktu yang fleksibel ketika Anda hendak bepergian dengan teman-teman. Jangan larang teman Anda jika ingin pergi dan melakukan hal mereka sendiri dengan anggaran mereka sendiri. Ini sebenarnya adalah ide bagus untuk semua perjalanan bersama-sama, walaupun budget tidak jadi masalah,” kata Ostermann.

7. Atur Pengeluaran Anda

Berbagi biaya perjalanan menjadi tips selanjutnya. Aturlah pengeluaran bersama dengan teman Anda sehingga bisa hemat biaya.

“Misalnya, ketika saya berada di Thailand dengan tiga teman, satu membayar untuk kartu WiFi di teleponnya dan menggunakannya untuk menelepon dan membayar semua taksi Grab kami. Di akhir perjalanan, dia menghitung berapa yang dia habiskan, dan kami membagi biayanya,’’ jelas La Carmina.

8. Hematlah dalam Berbelanja

“Carilah satu atau dua tempat untuk berbelanja dan bisa membuat Anda menghemat uang. Kalau perlu, bawa koktail Anda sendiri ke kolam renang, pergilah ke pasar petani setempat alih-alih pergi makan malam yang mahal, dan gunakan aplikasi untuk tur keliling kota," saran Johnson.

9. Bijaklah Soal Makanan

Makanan menjadi salah satu hal yang dapat merampas budget perjalanan Anda. Menurut Claire Summer, Travel Blogger Itchy Feet Claire, ini salah satu tips terbaik untuk menghemat biaya yang dimiliki.

“Jika perlu menghemat uang, Anda bisa memasak sendiri meskipun teman-teman Anda yang memiliki lebih banyak uang bisa makan di luar,” kata Claire.

10. Jangan Otomatis Membagi Tagihan

Mengatur pengeluaran bersama teman memang perlu. Namun, jangan otomatis membagi tagihan bersama jika memang porsi yang didapatkan berbeda.

“Misalnya, jika satu orang makan dengan salad dan satu orang lainnya memakan lobster yang mahal, ini tidak boleh dibagi 50/50. Untuk mempermudah, mintalah setiap orang mengambil bayarannya mereka sendiri,” kata Victoria Yore, travel blogger Follow Me Away.

11. Jangan Ragu Mencoba Akomodasi yang Berbeda

Jika Anda pergi ramai-ramai, jangan ragu untuk memesan hostel yang lebih murah dan terjangkau. Meski kesannya akan menjadi asrama milik Anda dan teman-teman, tapi hal itu bisa menghemat biaya Anda.

“Kamar pribadi di hostel bisa sama bagusnya dengan kamar hotel bintang 3. Jadi, meskipun biayanya lebih rendah dari hotel, tetapi Anda dan teman-teman bisa mendapat semua fasilitas yang Anda butuhkan,” jelas Chen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement