Selasa 17 Dec 2019 00:26 WIB

Lihat Matahari Sebabkan Bersin? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Mencabut alis bisa memicu Anda untuk bersin.

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi
Bersin
Foto: strangehistory.net
Bersin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Semua orang sudah tahu bahwab bersin adalah hal yang normal. Kita semua pasti pernah mengalaminya. Tetapi, pernahkah Anda bersin secara tiba-tiba bahkan ketika Anda sedang tidak flu?

Kira-kira apa penyebabnya? Seperti dikutip dari Thehealthy, berikut beberapa alasan yang bisa jadi penyebab bersin Anda.

Memiliki alergi

Miguel Wolbert, MD, dari West Texas Allerg mengatakan, bersin disebabkan oleh partikel asing atau iritasi terhadap jaringan hidung. “Bersin itu untuk mengeluarkan partikel secara paksa dari rongga hidung,” jelas Wolbert.

Penciuman Anda akan lebih sensitif jika bertemu dengan sesuatu yang lembut, seperti serbuk sari dan bulu binatang. Jika Anda bersin karena hal tersebut lalu memiliki gejala lain seperti pilek, hidung tersumbat, dan mata gatal, kemungkinan besar Anda bersin karena alergi. Jika tidak, mungkin ada alasan lain yang menyebabkan Anda bersin.

Infeksi sinus

Jika Anda memiliki alergi dan pilek bersamaan, hati-hatilah karena bisa berubah menjadi sinusitis yang menyebabkan sinus membengkak. Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology, gejalanya meliputi tetesan postnasal, nyeri wajah, batuk, demam, dan kelelahan.

Untungnya, dalam waktu satu minggu saja, virus yang menjadi penyebab sinus Anda akan lebih baik. Tetapi, jika sinus itu tidak kunjung hilang, bisa dipastikan penyebab bersin Anda adalah dari infeksi sinus tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengobati penyebab utamanya, yaitu alergi, untuk menyelesaikan bersin-bersin itu.

Pengobatan baru

"Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan respons saraf yang aneh, membuat Anda bersin," kata Dr. Wolbert.

Untungnya, ini jarang terjadi. Jika Anda tiba-tiba bersin karena obat-obatan baru, itu normal dan pastinya sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal itu, cobalah bicara pada dokter terlebih dahulu untuk berbicara tentang obat tersebut.

Bau Parfum

Mungkin Anda pernah bersin ketika mencium aroma parfum yang berlebihan. Hal itu terjadi karena saluran hidung Anda meradang akibat merespons terhadap parfum tersebut. Menurut dr. Wilbert, hal ini bukan termasuk alergi.

Untuk mengatasi bersin akibat parfum ini, Anda harus hindari bau-bau parfum yang sangat menyengat meskipun terkadang sulit dan tidak mungkin dilakukan. Atau dengan cara lain, Anda bisa membilas hidung Anda sekali atau dua kali sehari.

Polip Hidung

Menurut Joseph Han, MD, Direktur Medis Divisi Alergi di Eastern Virginia Medical School, gejala polip hampir mirip dengan alergi musiman. Yaitu adanya kantung di lapisan sinus, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan indera penciuman berkurang. Memang, alergi dapat membuat Anda rentan dengan penyakit lain.

Untuk mengetahui gejala ini, Anda harus datang ke dokter dengan melakukan pemeriksaan fisik mengenai polip hidung. Dokter akan merekomendasikan obat-obatan seperti steroid hidung atau neti pot yang dapat mengurangi bersin dan membuat Anda lebih mudah bernapas lagi.

Kabut Asap

Polusi dari luar ruangan bisa jadi alasan mengapa Anda tidak berhenti bersin. Menurut dr.Wilbert, luar ruangan memiliki partikel kecil polutan yang mudah masuk ke rongga hidung.

Berdasarkan penelitian 2015 yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society, polusi udara dapat memperburuk gejala alergi Anda. Bahkan, polusi udara bisa memicu alergi yang baru. Jika Anda mengalami kondisi ini, datanglah ke ahli alergi dan susun rencana untuk mengatasinya.

Rumah Sumpek

Sudahkah rumah Anda memiliki aliran udara yang baik? Jika tidak, mungkin itu yang menyebabkan Anda bersin. Misalnya seperti adanya jamur, asap rokok, atau sumbu api di dalam rumah. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS, tingkat polutan udara dalam ruangan bisa 100 kali lebih tinggi daripada di luar.

Untuk mengatasi hal tersebut, terutama jamur di dalam rumah, Anda perlu tingkatkan kualitas udara Anda dengan ventilasi yang tepat. Environmental Prevention Agency menyarankan untuk membuka jendela dan pintu, menggunakan kipas jendela atau loteng, dan menyalakan cerobong dapur dan kamar mandi untuk mengalirkan udara segar.

Kortikosteroid hidung

Terkadang, obat yang Anda gunakan untuk mengatasi alergi itu bisa menyebabkan Anda menjadi bersin, seperti kortikosteroid hidung. Menurut dr.Han, obat ini dapat mengurangi pembengkakan dan pengeringan saluran hidung. Jika Anda sedang menggunakan alat ini, mungkin inilah penyebab Anda bersin karena tenggorokan Anda iritasi saat menggunakannya.

Anda baru saja melihat matahari

Percaya atau tidak, cahaya yang menyengat dapat memicu Anda untuk bersin. Sebuah studi di Jerman pada 2017 menunjukkan, 57 persen populasi negara akan bersin ketika melihat matahari atau cahaya terang. Hal itu biasa mereka sebut dengan sindrom ACHOO (Autosomal Cholinergic Helio-Ophthalmologic Outburst).

Mencabut Alis

Pernahkah Anda mencabut alis untuk sebuah alis yang indah? Nyeri sih, tapi pernahkah sampai bersin?

Ternyata, menurut para ahli di Penn State, mencabut alis atau menarik rambut akan merangsang saraf trigeminal yang memasok sensasi ke wajah. Dan, itu akan memicu Anda untuk bersin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement