Senin 16 Dec 2019 08:14 WIB

Kenali Pertanda Toxic Relationship

Toxic relationship dapat dilihat melalui sejumlah pertanda.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan suami istri. Toxic relationship dapat dikenali dengan sejumlah pertanda..
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Pasangan suami istri. Toxic relationship dapat dikenali dengan sejumlah pertanda..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Familier dengan istilah toxic relationship? Ini merupakan istilah yang menggambarkan hubungan yang bermasalah, baik karena faktor dalam diri dan luar.

Sebagian orang sangat mementingkan pasangannya. Akan tetapi, jika hubungan tersebut tak sehat, pada gilirannya justru hanya akan melelahkan keduanya. Toxic relationship buruk bagi kesehatan mental.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa tanda halus dan jelas dalam hubungan yang bermasalah, dilansir Indian Express, Senin (16/12).

Tidak ada dukungan

Ketika berada dalam hubungan yang sehat, Anda dan pasangan akan saling mendukung satu sama lain. Pasangan yang saling mendukung akan menciptakan hubungan yang sehat.

Pasangan akan mendorong ke arah tujuan yang ingin dicapai dan percaya pada potensi Anda. Namun, jika Anda berada dalam hubungan yang beracun, pasangan tidak akan menunjukkan perasaan positif atau mendukung. Bahkan, setiap pencapaian Anda dapat menjadi kompetisi di matanya.

Kecemburuan

Pasangan yang kelewat cemburu jelas merupakan pasangan yang beracun. Sementara sebagian sifat kecemburuan adalah normal, tetapi ada pula pasangan yang justru cemburu jika pasangannya sukses.

Hubungan menjadi tak sehat jika ia berusaha mengendalikan hidup Anda. Ini adalah bentuk penindasan yang bisa membahayakan.

Tak saling menghormati

Pasangan tidak menghormati Anda. Mereka tidak menghargai waktu atau usaha Anda. Bagi yang masih penjajakan, kenali pertanda calon pasangan yang kurang bisa menghargai. Contohnya, jika ia selalu terlambat atau dengan santai bilang 'lupa' setiap diajak ke acara pilihan Anda. Semuanya merupakan tanda bahaya.

Ketidakdisiplinan finansial

Ini sering diabaikan ketika pasangan hidup bersama dan berbagi keuangan mereka. Tetapi jika pasangan terlibat dalam pengeluaran yang tidak perlu tanpa sepengetahuan Anda, sekarang saatnya untuk melakukan perbaikan. Ini adalah kebiasaan berbahaya yang menunjukkan bahwa pasangan tidak tertarik berkonsultasi dengan Anda tentang masalah uang.

Ketidakjujuran

Membohongi pasangan demi menghindair pertengkaran merupakan pertanda hubungan tak sehat. Apalagi, jika itu soal Anda sedang berada di mana ketika ditanya pasangan. Itu artinya, Anda tidak merasa ingin menghabiskan waktu bersama dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement