Sabtu 14 Dec 2019 01:23 WIB

Cara Mencuci Pakaian Agar Warnanya Tidak Pudar 

Hindari mengeringkan pakaian dengan mesin cuci agar warnanya tidak pudar.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: tatacliq.com
Foto: tatacliq.com

CEKNRICEK.COM -- Warna pakaian bila beberapa kali dipakai akan membuat jadi pudar atau terlihat kusam. Memudarnya warna pakaian tentu saja akan membuat penampilan jadi tidak menarik.

Faktor lain yang membuat warna pakaian kesayangan jadi pudar karena pencucian yang kurang tepat. Bila baju atau celana Anda dicuci dengan benar, bisa mencegah warna cepat pudar.

Lalu bagaimana caranya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara terbaik merawat pakaian yang wajib untuk Anda coba. 

Baca Instruksi pada Label

Sebelum menggunakan baju ada baiknya Anda untuk membaca label tersebut. Seperti bagaimana cara benar ketika mencuci pakaian. Label yang menempel pada baju bukan hanya pajangan semata.

Tapi juga terdapat instruksi pencucian. Sebaiknya Anda mengikuti instruksi bagaimana mencuci yang benar sesuai bahan baju, agar warnanya tidak cepat pudar.

Pisahkan Cucian

Pisahkan pakaian sebelum pakaian dicuci berdasarkan warna. Pakaian yang berwarna gelap bersama yang gelap juga, sementara warna terang dengan terang.

Selain mencegah baju berwarna gelap dan solid melunturi pakaian warna terang, langkah ini merupakan cara mencuci yang benar sehingga membuat warna baju tahan lama.

Cuci dengan Air Dingin atau Suhu Ruangan

Mencuci dengan air dingin akan membantu warna baju Anda lebih tahan lama dan tidak cepat pudar. Air hangat atau panas bisa merusak serat kain sehingga warna baju jadi gampang memudar.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Celana Jeans Supaya Tetap Awet

Perhatikan Kecepatan Putaran Mesin Cuci

Jika baju Anda tidak terlalu kotor, maka cara mencuci yang benar adalah jangan menggunakan kecepatan putaran maksimal di mesin cuci. Terlalu sering mencuci dengan kecepatan maksimal akan membuat bahan baju cepat rusak dan warnanya lebih cepat pudar.

Membalik Pakaian Saat Dicuci

Membalik pakaian sebelum dicuci sehingga bagian dalamnya jadi di luar adalah cara mencuci yang benar untuk mencegah warnanya pudar. Bagian kain yang selalu berada di luar saat dicuci, biasanya akan lebih cepat memudar. Jika hanya bagian dalam yang pudar tidak akan terlihat ketika dipakai.

Jangan Terlalu Sering Dicuci

Pakaian yang semakin sering dicuci, maka akan membuat warna baju semakin cepat pudar. Jika Anda memakai salah satu baju hanya beberapa jam, jangan langsung menaruhnya di ranjang pakaian kotor untuk dicuci.

Baju yang tidak terkena noda, kotoran atau keringat berlebihan masih aman dipakai kembali tanpa dicuci terlebih dahulu. Cukup gantung pakaian dan angin-anginkan, atau dijemur saja sebentar.

Lewati Pengeringan Jika Tak Terlalu Perlu

Sebisa mungkin hindari mengeringkan pakaian dengan mesin cuci. Proses memeras air pada tabung pengeringan di mesin cuci akan membuat permukaan bahan jadi kasar.

Hal ini berakibat pada warna baju yang terlihat pudar, padahal sebenarnya tidak. Mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari akan lebih bersahabat bagi kain.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: ThomasRizal

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement