Kamis 12 Dec 2019 22:12 WIB

Riyanto Sofyan: Pasar Halal telah Jadi Pasar Besar Dunia

Indonesia perlu ciptakan dan kembangkan icon wisata halal unggulan.

Chairman Sofyan Hotels, Riyanto Sofyan (kiri).
Foto: Dok Hidayatullah
Chairman Sofyan Hotels, Riyanto Sofyan (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prinsip ekonomi dalam Islam itu seimbang dan lengkap serta tersusun sangat rapi. Hanya saja ekosistem kehidupan ini akan menjadi rusak jika ada yang zalim.

"Karena ada yang rakus, ada yang zalim, sehingga ada kemiskinan dan lain sebagainya," terang Chairman PT  Sofyan Hotels Tbk,  Riyanto Sofyan saat menjadi nara sumber  Majelis Reboan di Meeting Room DPP Hidayatullah Jakarta, Rabu (11/12). 

Majelis Reboan tersebut membahas perihal Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Motor Penggerak Ekonomi Umat, Peluang dan Tantangannya.

Ia menambahkan, Islam yang diturunkan melalui Rasulullah SAW itu tujuannya ada dua. Pertama al-falah,  artinya kesuksesan, keberhasilan. Kedua, hayatan thoyyibah (kehidupan yang baik).

"Dua hal itu hanya bisa tercapai jika ada yang dijaga. Pertama adalah ad-din (agama Islam). Ini berbeda dengan pandangan umum yang menyebutkan kebutuhan utama manusia hidup itu adalah sandang, pangan, papan. Dalam syariah, kebutuhan yang pertama justru ad-din (keimanan), kemudian an-nafs (jiwa),  al-aql (akal sehat), an-nasl (keturunan), dan al-maal (harta)," tegasnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

"Kalau ad-din sudah ada di dalam diri kita, maka semua urusan akan selesai," imbuhnya.

Lebih lanjut Riyanto menjabarkan,  pasar halal benar-benar telah menjadi pasar besar dunia. "Pasar halal sekarang yang terbesar di dunia. Jadi bukan hanya ceruk pasar lagi. Sudah jadi pasar utama," ujarnya.

Ia mengemukakan, pasar halal telah berevolusi, mulai dari makanan, keuangan, hingga gaya hidup.

"Gaya hidup di dalamnya ada pariwisata. Data dari SICTA-WTO menyebutkan,  ada 185 aktivitas usaha di bidang pariwisata  yang memiliki pengaruh ekonomi terbesar. Kemudian World Bank menyebutkan pariwisata menjadi kontributor  terbesar secara efisien dan cepat dalam peningkatan GDP, dan pertukaran warga dunia," ulasnya.

Sekarang, kata dia,  bagaimana Indonesia mampu memenangkan persaingan pasar halal global ini, terutama dalam bidang pariwisata.

"Langkah strategis yang harus dilakukan Indonesia adalah menciptakan dan mengembangkan icon serta mempromosikan paket wisata halal unggulan Indonesia. Kemudian promosi dan aktif melaksanakan leadership initiatives guna meningatkan brand equity Indonesia sebagai destinasi utama wisata halal dunia," urainya.

Langkah tersebut harus diambil karena pasar pariwisata halal sangat tinggi. “Pada saat yang sama hal itu dapat menggerakkan seluruh komponen penggerak ekonomi kecil dan menengah di dalam negeri,” papar Riyanto Sofyan. 

Majelis Reboan adalah forum disuksi dan sharing perihal ekonomi di Indonesia yang dibidani langsung oleh Kepala Bidang Ekonomi DPP Hidayatullah, Asih Subagyo. Majelis ini rutin diselenggaran sepekan sekali,  pada hari Rabu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement