Rabu 11 Dec 2019 05:31 WIB

Resep Membuat Teh Kombucha di Rumah

Kombucha atau sejenis ramuan teh dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kombucha atau sejenis ramuan teh dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Kombucha atau sejenis ramuan teh dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kombucha atau sejenis ramuan teh dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Minuman ini pun semakin banyak digunakan di rumah tangga di berbagai negara di Asia. Kombucha merupakan larutan teh-gula yang tergerminasi.

Untuk membelinya, biasanya tidak cukup murah. Membuat ramuan ini sendiri di rumah adalah ide bagus. Sebab, bahan kombucha terdiri dari teh organik, gula tebu organik.

Baca Juga

Membuat kombucha membutuhkan waktu setidaknya dua pekan. Selama dua pekan itu, SCOBY akan memakan gula dan kafein, menghasilkan asam asetat, laktat, dan asam lainnya saat difermentasi. Salah seorang pendiri Kombucha Brooklyn, Eric Childs, merekomendasikan untuk mencicipi tiga hingga empat hari fermentasi.

"Buch siap ketika selera Anda mengatakan sudah siap," kata Childs.

Biasanya, semakin lama Anda membiarkannya berfermentasi, semakin sedikit gula yang dimilikinya. Itu karena SCOBY mengonsumsi gula, jadi jika Anda lebih suka rasa yang lebih manis, bisa meminumnya seminggu atau lebih.

Kombucha relatif bersifat asam, yang mencegah kelangsungan hidup sebagian besar patogen dan kontaminan potensial. Namun, jamur dapat tumbuh di kombucha, seperti yang terjadi pada makanan lain.

Untuk peralatan yang dibutuhkan, Anda hanya perlu menyiapkan toples dan galon serta penutup wadah yang steril. Berikut peralatan dan resep yang bisa ditiru di rumah, dilansir laman Marthastewart.com, Rabu (11/12).

Alat dan bahan

4 kantong teh organik (hitam, hijau, atau putih adalah yang terbaik; buat campuran Anda sendiri dengan memilih masing-masing 1 atau 2)

1 cangkir gula tebu organik

1 SCOBY (kultur simbiotik bakteri dan ragi) *

1/2 cangkir starter kombucha (kombucha dari batch sebelumnya, atau kombucha mentah yang dibeli di toko)

Gelas kaca tanpa timbal 1 galon (Pyrex atau Anchor-Hocking adalah yang terbaik)

3 liter air suling

Gelas pengukur gelas bukan logam

Sendok kayu

Kertas tisu

Botol kaca untuk menyimpan teh jadi

Pastikan tempat pembuatan ramuan, higienis. Jika rumah Anda memiliki masalah jamur, misalnya, atau jika ada perokok, kemungkinan dapat merusak kombucha. Kedua, gunakan hanya tabung gelas tanpa timbal, karena kombucha akan melepaskan racun dari kaca berwarna, logam, dan pot keramik. Sterilkan semua peralatan denhgan air mendidih.

Cara Pembuatan

Rebus air

Tuangkan air mendidih ke dalam botol kaca, tambahkan kantong teh dan biarkan curam selama 20 menit.

Keluarkan kantong teh dan campur gula sampai larut.

Dinginkan hingga suhu kamar kira-kira dua jam atau persingkat dengan merebus lebih sedikit air dan menambahkan air suling dingin.

Tambahkan starter kombucha dan SCOBY ke toples.

Tutup dengan handuk teh bersih dan tutup dengan karet gelang.

Tempatkan di lingkungan gelap dan hangat (idealnya 72 hingga 80 derajat) selama tujuh hingga 14 hari. Simpan di suhu ruangan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement