Selasa 10 Dec 2019 17:28 WIB

Pentingnya Cuci Tangan di Musim Pancaroba

Cuci tangan secara rutin bisa mencegah dari berbagai penyakit.

Pentingnya mencegah penyakit saat musim pancaroba dengan rutin cuci tangan (Ilustrasi)
Foto: Dailymail
Pentingnya mencegah penyakit saat musim pancaroba dengan rutin cuci tangan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto, dr. Andreas, Sp.PD, mengingatkan mengenai pentingnya mencegah penyakit saat musim pancaroba dengan rutin cuci tangan. Andreas mengungkapkan, cuci tangan dapat mencegah berbagai penyakit, seperti tifoid, diare, flu, dan lain sebagainya.

Andreas mengatakan, cuci tangan bisa dilakukan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20-30 detik. Atau, lanjut Andreas, bisa juga menggunakan cairan pembersih tangan.

Baca Juga

"Kegiatan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sangat penting dilakukan terutama sebelum memulai makan dan juga sesudah dari toilet, kebiasaan buruk lupa cuci tangan sebelum makan bisa meningkatkan risiko terinfeksi penyakit, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun parasit," kata Andreas, Selasa (10/12).

Dia juga menambahkan bahwa selain cuci tangan, pencegahan berbagai penyakit saat musim pancaroba bisa dilakukan dengan makan bergizi, olah raga teratur, dan tidur yang cukup. Pasalnya, kondisi tubuh yang kurang prima ditambah kondisi cuaca saat musim pancaroba dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko penyakit.

Meski terkesan mudah, tidak semua orang tahu cara mencuci tangan yang benar. Hal ini perlu diperhatikan karena asal mencuci tangan tidak akan membunuh kuman-kuman yang menempel di tangan secara optimal.

Menurut laman Lifehacker, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencuci tangan dengan benar.

Mencuci tangan terlalu sering bisa berdampak pada kulit tangan yang mengering. Untuk menyiasatinya, aplikasikan pelembap pada tangan secara rutin.

Di sisi lain, ada kalanya seseorang berada dalam situasi yang sulit untuk mencuci tangan. Pada situasi seperti ini, penggunaan hand sanitizer bisa menjadi alternatif untuk membersihkan tangan.

Hand sanitizer bekerja paling baik pada saat tangan dalam kondisi kering dan bersih. Pastikan menggosok tangan dengan hand sanitizer selama kurang lebih 20 detik sampai cairan hand sanitizer menguap dan mengering.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement