Sabtu 07 Dec 2019 05:35 WIB

Penyanyi R Kelly Dituntut karena Menyuap Pegawai Pemerintah

R Kelly menyuap guna mendapatkan identitas palsu untuk mendiang penyanyi Aaliyah

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nidia Zuraya
Penyanyi R Kelly
Foto: EPA
Penyanyi R Kelly

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Penyanyi R&B R Kelly dituntut oleh jaksa federal karena menyuap pegawai pemerintah untuk mendapatkan kartu identitas palsu untuk Jane Doe pada tahun 1994. Menurut laporan New York Times, Jane Doe tidak lain adalah mendiang penyanyi R&B Aaliyah.

Identitas palsu tersebut digunakan untuk mendaftarkan usia Aaliyah pada usia 18 tahun. Padahal, sebenarnya ia baru berusia 15 tahun pada saat itu. Dengan usia yang dipalsukan ini R Kelly dapat memperoleh lisensi pernikahan dengan Aaliyah.

Baca Juga

Menurut surat dakwaan itu, R Kelly bersama-sama dengan orang-orang yang tidak boleh diketahui identitasnya menyatakan 'memang sengaja dan sengaja menyebabkan orang lain menyuap pejabat publik dan properti pegawai negeri sebagai imbalan atas pembuatan dokumen identitas palsu untuk Jane Doe pada 30 Agustus 1994.

Surat dakwaan itu tidak menyebutkan nama Aaliyah atau menunjukkan bagaimana identitas tersebut digunakan tetapi keduanya menikah pada 31 Agustus 1994, menurut sertifikat pernikahan Cook County yang pertama kali diterbitkan oleh majalah Vibe.

Awal tahun ini, Kelly ditangkap atas 18 tuduhan, termasuk untuk pornografi anak dan penculikan. Dia mengaku tidak bersalah atas lima dakwaan. Douglas Anton, pengacara Kelly, mengatakan bahwa semua tuduhan itu konyol.

"Dia tidak memiliki petunjuk sedikit pun bagaimana menyelesaikannya atau menginstruksikan siapa pun tentang bagaimana menyelesaikannya. Dia tidak melakukannya," kata Anton dikutip dari thewrap.com, Jumat (6/12).

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement