Rabu 04 Dec 2019 19:26 WIB

Tunaikan Janji, Film Hayya Donasikan Rp 2,720 Miliar

Donasi sebesar Rp 2,720 miliar disalurkan kepada lembaga amal oleh film Hayya.

Rep: MG 03/ Red: Reiny Dwinanda
Penyerahan donasi film Hayya untuk Palestinia.
Foto: MG 01
Penyerahan donasi film Hayya untuk Palestinia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk rasa syukur serta wujud komitmen awal dari penayangan film Hayya: The Power of Love pada bulan September lalu, rumah produksi Warna Pictures menyisihkan sebagian dari penerimaan film kepada warga Palestina serta untuk pembinaan masyarakat di Indonesia. Penyerahan donasi dilakukan dengan bertepatan pada hari Solidaritas Palestina ke 42 pada hari Jum’at (22/11).

Donasi sebesar Rp 2,720 miliar dititipkan melalui lembaga-lembaga terpercaya yang telah bekerja sama dan mendukung film Hayya. Lembaga tersebut ialah Aman Palestin, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rumah Zakat, Arrahman Qur’anic Learning (AQL), Laskar Bintang, iHAQi, International Human Rights (INH), dan Kajian Musyawarah.

Baca Juga

“Sesuai dengan komitmen kami dari awal, dan juga kerelaan dari penonton, investor, dan semuanya, pada malam hari ini kami tunaikan komitmen itu” ujar Imam T Saptono yang mewakili jajaran produser di FX Sudirman, Jakarta.

Imam mengatakan, Warna Pictures yang digawangi oleh Helvy Tiana Rosa, Erick Yusuf, Asma Nadia, Oki Setiana Dewi, dan Imam T Saptono ini tidak menjadikan jumlah penonton menjadi tujuan. Ia berpendapat, jumlah penonton merupakan akibat saja.

“Karena tujuan kami adalah bagaimana bisa menciptakan film yang memiliki ruh dalam hal ini adalah ruh ammar ma’ruf nahi munkar” jelas Imam.

Dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan penayangannya di seluruh bioskop Indonesia, film Hayya telah ditonton oleh 720 ribu penikmat film di tanah air. Bagi Asma Nadia, perolehan jumlah peonton yang hampir mecapai satu juta penonton ini sangat luar biasa.

“Kalau untuk penonton Indonesia, apa lagi dari PH kecil, kemudian degan bioskop layar yang terbatas, lalu tidak ada iklan trailer di televisi sama sekali, ini luar biasa Subhanallah,” ujarnya.

Di tahun 2020 yang akan datang, Warna Pictures akan menggarap kelanjutan dari sekuel film ini. Dua film sekaligus, yaitu Hayya 2 dan Maryam: The Power of Love 3 rencananya akan menghiasi layar bioskop di akhir tahun 2020.

Dengan adanya kelanjutan film Hayya, Asma mengharapkan untuk di film berikutnya bisa menyerahkan donasi lebih besar lagi. Tetapi ia juga tidak mempersoalkan bila nantinya tidak lebih besar dari donasi saat ini.

“Kalaupun di bawah ataupun gimana, insya Allah mudah-mudahan ini bisa menjadi tradisi Warna Pictures, sehingga setiap film yang dihadirkan ada donasi yang bisa kami lokasikan kepada Palestina maupun Indonesia yang membutuhkan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement