Rabu 04 Dec 2019 17:45 WIB

Warung Pintar Siap Jalin Kerja Sama dengan Kemenkop UKM

Warung Pintar siap mengubah warung kelontong menjadi lebih modern.

Salah satu warung pintar yang di berada di Kawasan Kuningan, Jakarta.
Foto: Republika/ Wihdan
Salah satu warung pintar yang di berada di Kawasan Kuningan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Start up Warung Pintar dianggap berhasil mendorong UMKM untuk naik kelas. Warung Pintar mampu memberikan sentuhan digital pada warung-warung tradisional hingga terlihat modern. Hal ini pula yang membuat Kemenkop dan UKM tertarik menggandeng Warung Pintar.

COO & Co-founder Warung Pintar Harya Putra, mengatakan, Warung Pintar siap bekerja sama dengan Kemenkop dan UKM dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Pasalnya, UKM merupakan pelaku usaha mayoritas di negeri ini.

Baca Juga

“Kami sudah melakukan berbagai upaya dan inisiatif dalam dua tahun terakhir sejak Warung Pintar didirikan 2017 dalam membangun teknologi untuk penguatan warung-warung tradisional guna meningkatkan daya saing mereka,” ujar Harya, Selasa (3/12).

Harya menjelaskan, berdirirnya Warung Pintar dilatarbelakangi, eksistensi warung tradisional yang selama ini banyak kalah bersaing dengan ritel modern. Modernisasi warung dengan menerapkan teknologi bisa menjadi salah satu solusi untuk mempertahankan eksistensi warung sekaligus mengembangkan bisnis.

"Terbukti pendapatan Warung Pintar bisa meningkat sampai 80 persen dibanding sebelum warung-warung tradisional itu masuk dalam jaringan Warung Pintar,” katanya.

Harya mengatakan, kini Warung Pintar telah memiliki jaringan mitra lebih dari 3.500 mitra yang tersebar di Jabodetabek kecuali Bogor. Jaringan Warung Pintar juga sudah merambah Surabaya dan Banyuwangi. Pada 2020, pihaknya menargetkan memperluas jaringan sampai 5.000 mitra khususnya di pulau Jawa.

"Kami membuktikan bahwa teknologi digital bisa dimanfaatkan secara sederhana bahkan oleh ibu-ibu dengan hanya mendirikan warung,” kata Harya.

Menurutnya, Warung Pintar telah secara signifikan membantu mendorong pendapatan pemilik kios hingga mengalami kenaikan yang signifikan, setelah mengadopsi sistem yang mereka miliki. Dengan menerapkan manajemen bisnis yang tepat, kios sekarang memiliki laporan keuangan yang bisa membantu mereka mendapatkan pinjaman modal untuk pengembangan usaha.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement