Rabu 04 Dec 2019 07:14 WIB

Membersihkan Sepeda tak Perlu Pakai Air

Banyak komponen penting dari sepeda yang tak terlalu memerlukan untuk dibersihkan

Rep: Santi Sopia/ Red: Esthi Maharani
Bersepeda (Ilustrasi)
Bersepeda (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kebanyakan kendaraan yang disiram sampai bersih untuk merawatnya, beda halnya dengan sepeda. Banyak komponen penting dari sepeda yang sejatinya tidak terlalu memerlukan untuk dibersihkan dengan air.

Ario Pratomo dari komunitas JKT.CC Representative mengatakan perawatan sepeda sebenarnya sama dengan kendaraan lain. Hanya, untuk proses pembersihan sepeda lebih baik cukup dilap.

"Pakai lap dibandingkan air karena banyak komponen berputar sehingga nanti banyak komponen karatan kalau pakai air," kata Ario di Jakarta.

Hindari cuci steam seperti cara untuk membersihkan kendaraan bermotor. Apabila sepeda terlalu banyak tersiram air, dikhawatirkan mengganggu performa. Usahakan bagian roda sepeda tidak sering terkena air dan atau pasir. Ini bisa mengakibatkan terlalu berat saat menggowes.

Selain itu, perhatikan juga dudukan atau jok sepeda. Kalau bisa pilihlah jok yang sesuai dengan anatomi tubuh agar mengurangi risiko gangguan tulang.

"Jadi nggak asal beli. Efeknya jok kurang cocok bisa ketarik tulang belakang," tambah dia.

Ario juga menyarankan penggunaan sepeda, terutama bagi pemula, tidak perlu ada target khusus. Saat mengayuh, tidak perlu memaksakan diri harus melewati jarak tempuh tertentu, karena yang paling penting sesuai kemampuan.

"Sekuatnya, kuat lima kilo, satu kilo, yasudah segitu, lama-lama mau nambah bisa nambah," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement