Rabu 04 Dec 2019 04:19 WIB

6 Cara Mengatur Mood di Pagi Hari Jadi Lebih Baik

Kualitas tidur yang baik menentukan kondisi Anda pada saat bangun pagi esok harinya.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Ilustrasi Bangun Tidur
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Bangun Tidur

CEKNRICEK.COM -- Terkadang bangun di pagi hari Anda merasakan letih dan mood (suasana hati) yang buruk. Apalagi jika telat bangun pagi, jalanan macet, ditambah tugas menumpuk. Semua itu membuat mood Anda makin rusak.

Tak cuma itu. Masalah juga kerap terjadi ketika pergantian hari Minggu menuju Senin yang membuat Anda merasa malas. Daripada terus merasakan hal itu, kenapa tidak mencoba langkah mengatur mood lebih baik dari pagi hari.

Berikut rangkuman cara mengatur mood yang ampuh untuk membantu Anda jadi merasa lebih baik.  

Maksimal tidur 

Kualitas tidur yang baik menentukan kondisi Anda pada saat bangun pagi esok harinya. Hindari begadang atau tidur larut malam, apalagi untuk hal-hal yang tak terlalu penting.

Jangan sampai Anda terlalu sering bangun kesiangan yang berakibat pada kepanikan dan stres sendiri. Jika terpaksa bekerja lembur, pastikan Anda menambah waktu hingga memenuhi kualitas tidur 8 jam sehari.  

Sarapan adalah modal awal 

Jangan lupakan sarapan. Banyak dari kita yang sering mengabaikan sarapan pagi, padahal memberi asupan pada tubuh di pagi hari sangatlah baik.

Tubuh dan otak butuh nutrisi dan gizi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sarapan secukupnya, jangan terlalu kenyang agar tak cepat mengantuk di pagi hari. 

Melatih pikiran dan emosi  

Bila memiliki masalah tuntaskanlah di hari itu juga. Jangan membawa masalah sampai larut, apalagi menangis berlebihan. Ini bisa mengganggu tidur menjadi tidak nyenyak atau bermimpi buruk.

Biasakan untuk selalu berpikir positif, tidak dendam, atau emosi berlebihan. Tidur yang berkualitas akan membuat kondisi fisik seseorang jauh lebih baik. Saat bangun di pagi hari, tubuh pun lebih fresh dan hati lebih bersih.   

Mempersiapkan segala kebutuhan

Jika Anda tipikal wanita yang mudah panik dan kurang detail, sebaiknya persiapkan segala kebutuhan untuk esok hari pada malam sebelumnya. Anda lebih siap, tak terburu-buru, dan tak perlu takut melupakan sesuatu yang penting.

Mencatat dalam agenda akan memberikan arahan pada Anda melakukan apa saja dalam sehari itu. Hal ini juga membantu mengurangi stres pagi hari Anda ketika harus memilih baju yang dikenakan.

Baca Juga: 5 Mood Booster Ini Ampuh Hilangkan Stres

Kembali ke alam 

Kalau terbiasa bangun pagi langsung menuju kamar mandi, coba ubah kebiasaan tersebut. Ketika bangun pagi, bukalah jendela kamar Anda lebar-lebar. Nikmati udara segar, cerahnya langit, dan pemandangan hijau di sekitar rumah Anda.

Jika Anda punya waktu, luangkan 15 menit saja untuk menikmati secangkir kopi atau teh atau melakukan yoga basic hanya untuk melatih pernapasan dan membuat tubuh lebih santai. 

Musik terapi yang baik  

Jika Anda merasa jenuh dan butuh ketenangan, pasang alunan musik favorit Anda. Pilih musik instrumental lembut seperti musik jazz, klasik, atau chillout. Jika Anda butuh asupan vitamin keceriaan, bisa memilih musik rock, pop, atau dance untuk membangkitkan semangat. Musik salah satu terapi yang baik untuk memperbaiki mood. 

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement