Senin 02 Dec 2019 01:03 WIB

'Obat Tidur' Alami Atasi Masalah Kesulitan Tidur

Tidak sedikit individu yang mengalami kesulitan tidur hingga mengonsumsi obat tidur.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nora Azizah
Tidur (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur tentu menjadi kebutuhan penting yang diperlukan setiap orang. Namun tidak sedikit individu yang kerap mengurangi kesulitan untuk tidur bahkan hingga menderita insomnia.

Insomnia memengaruhi semua orang dengan dampak yang berbeda, termasuk demensia. Kalau sudah begitu tentu gangguan tersebut akan mengganggu kualitas kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Kesulitan untuk memejamkan mata tak jarang membuat orang membutuhkan bantuan obat atau melatonin. Namun, hal tersebut bisa jadi tidak dibutuhkan dengan cara alami seperti di bawah ini.

Berikut adalah lima 'obat' tidur secara alami seperti diwartakan The Ladders, Senin (2/12).

Baca buku yang membosankan

Membaca buku yang tidak disukai apalagi membosankan pada akhirnya akan membuat mata lelah dan tertidur. Cara ini dapat digunakan dengan membaca sesuatu yang bersifat sedikit kurang “aktif”.

Membaca buku yang panjang dengan plot yang bergerak lebih lambat akan sangat membosankan. cara ini kemungkinan dapat membantu Anda yang mengalami gangguan tidur.

Gunakan pewangi raungan aromaterapi

Perlatan aromaterapi melepaskan kepulan kecil uap yang diresapi dengan minyak esensial. Harga alat dan cairan aromaterapi relatif tidak terlalu tinggi.

Aroma wewangian yang ditimbullkan dapat membantu untuk memejamkan mata lebih mudah. Menyalakan diffuser satu jam atau lebih sebelum tidur akan def melakukan trik ketika Anda mendapatkan getaran malam tidur.

Cobalah teknik pernapasan

Teknik pernapasan dapat digunakan sebelum memejamkan mata. Teknik pernapasan bekerja karena dua alasan. Pertama, berfokus pada napas membantu mengendalikan detak jantung. Anda dapat mempercepat atau memperlambatnya, yang pada gilirannya, akan membantu memudahkan Anda tidur.

Kedua, fokus pada apa-apa selain udara masuk dan keluar dari paru-paru Anda membosankan dan harus membuat Anda tidur, seperti, ASAP. Tarik masuk udara perlahan-lahan melalui hidung dan melepaskannya melalui mulut secara perlahan.

Jangan makan tepat sebelum tidur

Makan sebelum tidur tentu sangat tidak dianjurkan. Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur memang membuat Anda lelah. Tapi disaat yang bersamaan, hal itu juga tidak akan membuat Anda mudah tertidur.

Nyalakan lilin

Cahaya temaram lilin dipercaya dapat membatu meningkatkan rasa kantuk. Disarankan untuk membeli lilin lilin lebah alami sehingga Anda tidak tertidur oleh aroma surgawi dari asap beracun.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement