Ahad 24 Nov 2019 23:51 WIB

Wayang Kulit 'Bius' Warga Swedia

Pementasan Wayang Kulit di Teater Slava & Tonsalen, Huddinge, Stockholm, Swedia.

Rep: Prasetyo Agung (cek n ricek)/ Red: Prasetyo Agung (cek n ricek)
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

CEKNRICEK.COM -- Pementasan Wayang Kulit lakon Dewa Ruci yang didalangi Urban Wahlstedt (83) serta diiringi grup gamelan Jawa, Sukarencana, di Teater Slava & Tonsalen, Huddinge, Stockholm  Jumat (22/11) sukses mengundang kekaguman warga Swedia. 

Dalam siaran pers yang diterima ceknricek.com, Minggu, (24/11) pementasan wayang kulit yang mengisahkan Dewa kerdil yang dijumpai Bima dalam perjalanan mencari air kehidupan itu lewat iringan gamelan dan sabetan dalang dari Swedia itu pun sukses membius penonton.

"Saya sungguh mengapresiasi dedikasi Pak Urban dan grup gamelannya yang memastikan kelestarian budaya Indonesia, khususnya kesenian wayang dan gamelan Jawa di Swedia." ujar Tanti Widyastuti, KUAI KBRI Stockholm, yang mewakili Dubes RI untuk Swedia.

Pementasan Wayang Kulit di Swedia Sukses Bius Penonton
Sumber: Istimewa

Baca Juga: Anies Baswedan Buka Pagelaran Wayang Kulit Ki Manteb Sudarsono di Balai Kota

Sama seperti pada pementasan wayang umumnya di Indonesia, beberapa lakon dan percakapan lucu, berwibawa hingga mimik jahat ditampilkan juga dengan cukup baik oleh sang dalang dari awal sampai akhir pementasan. Hal ini pun memperoleh apresiasi serta sambutan yang meriah dari pengunjung.

Pementasan yang berlangsung selama dua jam ini sendiri dihadiri sekitar 70 warga Swedia yang memiliki minat terhadap musik etnis. Pementasan ini pun rutin diadakan setiap tahun untuk menarik perhatian orang Swedia dalam menyaksikan pertunjukan wayang. 

Grup gamelan dan wayang kulit yang dibentuk oleh Urban Wahlstedt ini sendiri sudah berjalan kurang lebih 15 tahun dengan anggota orang Swedia dan Indonesia yang juga sempat berkontribusi di beberapa kegiatan KBRI. 

Dalam sejumlah kesempatan, grup ini juga sering tampil dalam kegiatan festival kebudayaan di Swedia dengan memainkan koleksi instrumen perkusi Jawa yang dimiliki secara pribadi oleh Urban.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: NadiaNabillah

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement