Rabu 27 Nov 2019 14:32 WIB

Habbatussauda dan Madu Andalan Alyssa Soebandono

Alyssa Soebandono terbiasa minum madu sejak kecil.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Pesinetron yang juga figur publik, Alyssa Soebandono.
Foto: Republika/Farah Noersativa
Pesinetron yang juga figur publik, Alyssa Soebandono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat bahan alami telah dirasakan oleh pesinetron Alyssa Soebandono sejak dia kecil. Salah satu bahan alami yang telah dia konsumsi sejak dia kecil adalah madu.

“Icha mengonsumsi madu itu sudah sejak lama. Dari sejak kecil. Dari orang tua itu selalu memberikan madu kepada Icha sejak kecil,” ungkap Alyssa dalam peluncuran sabun Lifebuoy varian Honey dan Habbatussauda, di Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga

Meskipun demikian, pada awalnya, dia dan kebanyakan masyarakat juga tak mengetahui lebih lanjut apa manfaat madu yang lainnya, seperti untuk menyehatkan kulit. Perempuan yang akrab dipanggil Icha itu menyebut, madu sangat menyehatkan tubuh, terutama memberikan imunitas yang lebih untuk tubuh terutama pada saat memiliki kegiatan yang sangat padat.

Icha pun memberikan madu kepada kedua anaknya, yaitu Rendra dan Malik untuk dikonsumsi setelah bangun tidur. Tanpa dicampur apapun, Icha menyuapi kedua anaknya itu dengan madu dengan sendok kayu.

Istri dari pesinetron Dude Herlino itu kemudian mendapatkan manfaat yang bisa dirasakan oleh kedua anaknya itu. Menurutnya, kedua anaknya itu menjadi lebih kuat dan memberikan imun yang lebih kuat, terlebih putra sulungnya juga semakin besar dan mengenal lingkungan yang lebih luas.

“Untuk menambah kekuatan dan imun tubuhnya dia, kita harus memberikan makanan atau minuman yang mereka butuhkan. Madu itu bagus untuk tubuh dan lebih bertenaga,” jelas Icha.

Selain mengonsumsi madu untuk diminum, dia juga memanfaatkan madu untuk melakukan perawatan tubuh dan juga kulit. Madu dimanfaatkannya juga untuk masker pada wajah, lulur, dan bahkan madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka yang ada pada kulit.

Bahan alami selanjutnya yang digunakan oleh Icha adalah habbatussauda atau jintan hitam. Ica mengatakan, dia mengonsumsi jinten hitam sejak saat mengandung anak sulungnya, Rendra.

Salah satu manfaat yang dia dapatkan pada saat mengonsumsi jintan hitam adalah dapat memperlancar Air Susu Ibu (ASI). Suaminya, Dude Herlino juga mengonsumsi untuk mendapatkan manfaat yang lain untuk kesehatan tubuh.

“Kalau habbatussauda itu di sini bentuknya macam-macam. Ada yang bentuknya minyak, ada yang dalam bentuk kapsul. Kalau yang kapsul tinggal diminum saja diteguk dengan air,” tutur dia.

Icha menuturkan, saat ini banyak gerakan-gerakan yang mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan bahan alami, yang ditujukan agar lebih sehat. Madu dan jintan hitam, kata dia, merupakan beberapa contoh bahan alami yang bisa dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement