Selasa 26 Nov 2019 00:31 WIB

Aneka Manfaat Semangka dari Kulit Wajah Hingga Jantung

Semangka mengandung likopen yang efektif melindungi sel jantung dari kerusakan.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Semangka
Foto: ANTARA
Semangka

CEKNRICEK.COM -- Di saat panas terik, buah semangka menjadi andalan untuk dikonsumsi. Dengan rasanya yang manis dan segar, semangka mampu mengusir dehidrasi.

Semangka memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut 4 manfaat semangka seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

Meningkatkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, sehingga baik untuk pencernaan. Kandungan air dalam semangka bisa membantu menjaga saluran dan meningkatkan pergerakan usus.

Meningkatkan kesehatan jantung

Merujuk penelitian Universitas Purdue, buah ini mengandung likopen yang efektif dalam melindungi sel jantung dari kerusakan dan bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Semangka juga mengandung citrulline dan arginine yang sama baiknya untuk kesehatan jantung. 

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Sawo yang Belum Banyak Diketahui

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Semangka dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit wajah dan rambut halus. Vitamin C pada semangka membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen, atau protein yang bisa membuat kulit kenyal. Sedangkan vitamin A bisa menjaga kulit dan batang rambut tetap lembap.  

Meringankan nyeri otot

Buah semangka mengandung citrulline atau sejenis asam amino yang dinilai mampu mengurangi nyeri otot. Bahkan sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry di Spanyol menemukan fakta bahwa meminum jus semangka bisa menenangkan otot setelah berolahraga. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement