Senin 25 Nov 2019 09:09 WIB

Alasan Memilih Klinik Khusus untuk Sunat

Klinik khusus sunat bisa menghindari insiden kegagalan dalam sunat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Anak-anak menangis saat kegiatan sunat.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Anak-anak menangis saat kegiatan sunat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beragam pilihan tempat sunat bagi anak. Sebagian orang tua membawa anaknya ke mantri sunat, sebagian lagi ke tenaga profesional.

Sunat adalah tindakan sirkumsis atau bedah untuk membuang kulup (prepusium penis) yaitu kulit yang menutupi glans penis. Sering disebut khitan, ada yang melakukannya karena alasan agama, budaya atau juga alasan kesehatan. Apapun yang melatar belakanginya, dari sudut pandang

Baca Juga

kesehatan sangat bermanfaat.

Dr Encep Wahyudan dari Rumah Sunat dr Mahdian mengatakan sunat modern banyak digemari orang tua. Dokter Encep menjelaskan alasan mengapa klinik khusus sunat digemari.

Ia menyarankan untuk mencari tempat sunat yang menyediakan tempat untuk sunat yang masuk kategori operasi kecil. Kalau pun tenaga medis atau operator sunat beserta tim didatangkan ke rumah, harus lihat kondisi rumah, tempatnya harus layak, peralatan harus dibawa lengkap dan pencahayaan harus bagus. "Tidak harus di klinik tapi harus benar-benar tempat layak," ujarnya.

Karena kalau tidak dilakukan di tempat layak dan sesuai, bisa saja terjadi kegagalan dalam sunat. Mulai dari kepala penis terpotong, hasil sunat tidak presisi sampai masih ada sisa kulit di bagian kepala penis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement