Ahad 24 Nov 2019 11:22 WIB

4 Tips Memotret Landscape Agar Terlihat Menawan

Gunakanlah objek pembanding untuk tunjukkan ukuran sebenarnya dari objek utama.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Instagram @widhibek
Foto: Instagram @widhibek

Anda suka memotret landscape? Sebenarnya bukanlah hal yang sulit jika hanya mementingkan luasnya wilayah yang diabadikan. Tapi, lain halnya jika ingin membuat foto tersebut lebih bernilai.

Agar hasil jepretan terlihat seperti hasil jepretan fotografer profesional, berikut 4 tips memotret landscape agar terlihat menawan.

Baca Juga

Pastikan Garis Horizon Lurus

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memotret landscape atau pemandangan, apalagi ketika memotret batas laut dan langit, di mana garis horizonnya terekspos jelas adalah memastikan garis horizon yang dipotret itu lurus, tak peduli kita memotret dengan DSLR atau dengan kamera smartphone.

Jika memungkinkan, Anda bisa gunakan tripod agar mempermudah dalam mengambil gambar landscape. Biasanya, pada tripod terdapat fitur bubble level yang fungsinya kira-kira sama dengan waterpass, yaitu untuk memastikan tripod sudah berdiri di posisi datar atau tidak.

Tentukan "Point of Interest"

Menentukan objek utama dalam landscape fotografi juga cukup penting, karena dengan adanya "point of interest" atau bagian yang paling menarik perhatian, akan memberikan kesan berbeda kepada sebuah foto landscape.

Tak jarang, "point of interest" ini menjadi cerita atau nilai yang kuat di dalam gambar yang Anda ambil. Kalau tidak ada point of interest, foto landscape hanyalah foto pemandangan luas saja tanpa nilai.

Baca Juga: 3 Tips Memotret dengan Kualitas Terbaik Saat Berlibur di Pantai

ISO Rendah

Bagi Anda yang ingin memotret landscape menggunakan kamera DSLR, gunakanlah ISO rendah. Hal ini dimaksudkan untuk membuat hasil jepretan memiliki kualitas gambar yang baik.

Selalu periksa setelan kamera sebelum memotret, jangan sampai Anda memotret dengan ISO tinggi di siang bolong. Selain menjadi hal yang mubazir, juga akan membuat kualitas foto jadi kurang bagus.

Gunakan Pembanding untuk Menunjukkan Ukuran

Jika Anda memotret landscape berupa tebing atau gunung dan ingin menunjukkan kemegahan atau betapa besar ukurannya, gunakanlah objek pembanding untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari objek utama yang dipotret.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement