Jumat 22 Nov 2019 09:27 WIB

Pertimbangan Sebelum Miliki Robot Vakum Pembersih

Robot vakum pembersih bisa memberi kesempatan Anda istirahat saat ia menyapu.

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Robot vakum pembersih debu atau vacuum cleaner robot.
Foto: Wikipedia
Robot vakum pembersih debu atau vacuum cleaner robot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Robot vakum pembersih debu atau vacuum cleaner robot mungkin bisa menjadi penolong saat Anda tidak memiliki waktu untuk menjaga rumah tetap bersih. Semakin hari, banyak perusahaan teknologi yang mengeluarkan produk ini untuk ditawarkan kepada banyak orang di seluruh dunia.

Namun, apakah sebenarnya robot pembersih debu ini layak untuk digunakan? Dilansir dari Reader's Digest, ada beberapa pro atau kelebihan dan kontra atau kekurangan dari produk ini yang mungkin bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilikinya.

Baca Juga

Efektif untuk persingkat waktu membersihkan rumah

Tentu keunggulan pertama dari robot vakum adalah Anda tidak lagi harus bekerja keras membersihkan rumah. Selain itu, hal terbaik lainnya adalah Anda dapat jadwal rutin untuk membersihkan lantai dan bagian-bagian lainnya yang diperlukan di rumah atau tempat tinggal.

“Hal terbaik dari robot vakum adalah Anda dapat mengatur jadwal rutin untuk membersihkan lantai rumah Anda. Atur waktu pembersihan dan benda ini akan melakukan yang Anda inginkan,” ujar pakar teknologi Burton Kelso.

Bersihkan banyak area permukaan

Banyak produk pembersih debu yang sulit untuk membersihkan sejumlah jenis permukaan lantai maupun karpet. Namun, tidak demikian dengan robot vakum yang bisa menjangkau banyak area permukaan yang ingin dibersihkan, mulai dari lantai karpet, laminasi, ataupun kayu keras. Jadi, Anda cukup memiliki satu jenis robot vakum untuk dapat membersihkan seluruhnya.

Tidak berisik

Berbeda dengan alat pembersih debu pada umumnya, robot vakum tidaklah berisik saat digunakan. Tingkat kebisingannya cenderung rendah dan membuat Anda bisa mengaturnya untuk digunakan di malam hari, tanpa menganggu tidur dan istirahat setelah hari yang melelahkan.

Sementara itu, kekurangan dari robot vakum adalah:

Tempat penyimpanan debu atau kotoran yang terbatas

Tidak seperti alat pembersih debu manual, robot vakum tak memiliki wadah besar untuk menampung semua debu dan kotoran yang dikumpulkan. Ini membuat Anda harus lebih sering membuangnya, dibandingkan produk standar.

Hanya dapat efektif di area datar

Jika Anda tinggal di rumah atau apartemen yang ruangan di dalamnya bertingkat atau berliku, mungkin robot vakum bukan jawaban tepat. Hal itu karena alat ini bekerja pada permukaan datar, yang berarti Anda masih harus menggunakan vakum pembersih debu biasa untuk bagian-bagian seperti tangga.

Harga yang mahal

Kebanyakan robot vakum memiliki harga yang mahal. Setidaknya, harga yang ditawarkan untuk sebuah alat ini adalah mulai dari sekitar 400 dolar AS dan untuk yang memiliki spesifikasi lebih baik bisa mencapai ribuan dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement